Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Motif Pemilihan Video dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Rijabianty, Ismi
dc.date 2018-08-03
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:07Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/10993
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24307
dc.description Abstract. At this time, the younger generation is experiencing a crisis of confidence with frequently body shaming towards themself and others. This is due to the lack of information about the body positivity in Indonesia. Gita Savitri uploaded one content to discuss her opinions about positive body image. The purpose of this research is to find out what motives are owned by Gita Savitri Freunde Bandung in choosing video 'Body Positivity, beauty standard, loving yourself' to meet the information needs of body positivity. By using correlational methodology, the researcher know how far the relationship between video selection motive with the fulfillment of information needs assisted with Rank Spearman's data analysis technique and SPSS version 24 as a tool and used motive of media usage from McQuail and 3 Fulfillment Needs from McClelland. Gita Savitri Freunde Bandung is a population of this research with total population 2.576 members and the researcher took about 3,88% of population for the sample. The results show that the relationship between video selection motive and information needs fulfillment correlates adequately with its coefficient correlation of 0.343 and significantion value is 0,000 and the correlated motives are the motive of information with coefficient correlation of 0,360 and the motive of personal identity with coefficient correlation of 0,447. This is because the video that researcher used as a subject tend to provide information and self-discovery than to entertainment or social interaction.Keywords:    Body Positivity, Motif Media Usage, Fulfillment Needs, Correlational Methodology Abstrak. Pada saat ini, generasi muda sedang mengalami krisis percaya diri dengan sering melakukan body shaming terhadap diri sendiri maupun orang lain. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya informasi mengenai body positivity di Indonesia. Gita Savitri mengunggah satu konten dengan membahas opininya mengenai body image yang positif. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motif apa saja yang dimiliki oleh Gita Savitri Freunde Bandung dalam memilih video ‘Body positivity, beauty standard, loving yourself’ untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai body positivity. Dengan menggunakan metodologi korelasional, peneliti bisa mengetahui sejauh mana hubungan antara motif pemilihan video dengan pemenuhan kebutuhan informasi dibantu dengan teknik analisis data Rank Spearman juga alat bantu SPSS versi 24 dan menggunakan Motif Penggunaan Media dari McQuail juga Teori Tiga Kebutuhan dari McClelland. Penelitian dilakukan kepada Gita Savitri Freunde Bandung dengan jumlah populasi 2576 orang dan diambil sekitar 3,88% dari keseluruhan populasi. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara motif pemilihan video dengan pemenuhan kebutuhan informasi berkorelasi cukup dibuktikan melalui coefficient correlation-nya sebesar 0,343 dan nilai signifikansi 0,000 dan motif yang berkorelasi adalah motif informasi dengan koefisien korelasinya sebesar 0,360 dan motif identitas pribadi dengan koefisien korelasi sebesar 0,447. Hal tersebut disebabkan karena video yang peneliti jadikan subjek cenderung memberikan informasi dan penemuan diri dibandingkan hiburan ataupun interaksi sosial.Kata Kunci: Body Positivity, Motif Penggunaan Media, Pemenuhan Kebutuhan, Metodologi Korelasional
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/10993/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 378-384
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 378-384
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Body Positivity, Motif Penggunaan Media, Pemenuhan Kebutuhan, Metodologi Korelasional
dc.title Hubungan antara Motif Pemilihan Video dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account