Universitas Islam Bandung Repository

Kredibilitas Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Program Radio

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Sakinah, Putri
dc.creator Nurhastuti, Nurhastuti
dc.date 2018-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:08Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:08Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9562
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24317
dc.description Abstract. Radio Announcer is an officer who works for and how to assemble events and disseminates information, solicitation, appeal, entertaining, shaping up, raising spirits, by relying on the ability to talk through radio directly or indirectly. Here I have the purpose of research that is to know about Initial Credibility, Devired Credibility and Terminal Credibility of Broadcasters in Interesting Interest in Radio Listener Urban 106.3 Fm Bandung.  In this study researchers used descriptive method with quantitative approach. In this study the population used is all followers official account Urban Radio Bandung According to the observation of the author on the account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) the number of followers account is as many as 10,700 people. To determine how many samples are needed, the authors use the Taro Yamane formula where this formula is used for large populations (over 500 populations) derived from population use (Kriyantono 2010: 164). The Yamane formula has a precision level of 10% and a confidence level of 90%. Therefore the number of samples in this study is 99.0740 people, if rounded then the number of samples in this study is 100 people who are listeners from Urban Radio especially for programs broadcast by Kezia Kanza. Based on the results of the research described in the previous chapter, then overall the results showed that the majority of respondents considered that the credibility of the announcer of the Urban Radio Kezia Kanza is good.Keyword: credibility, announcer Kezia Kanza, audience interest Abstrak. Penyiar Radio adalah seorang petugas yang bekerja untuk dan dengan cara merangkai acara dan melakukan penyebaran informasi, ajakan, himbauan, menghibur, membentuk suasana, menimbulkan semangat, dengan mengandalkan kemampuan berbicara melalui radio secara langsung maupun tidak langsung. Di sini saya  memiliki tujuan dari penelitian yaitu agar mengetahui tentang Initial Credibility, Devired Credibility dan Terminal Credibility dari Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Radio di Urban 106,3 FM Bandung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah semua followers akun official Urban Radio Bandung Menurut hasil observasi penulis pada account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) jumlah followers account tersebut sebanyak 10.700 orang. Untuk menentukan berapa besar sampel yang diperlukan, penulis menggunakan rumus Taro Yamane di mana rumus ini digunakan untuk populasi dalam jumlah yang besar (lebih dari 500 orang populasi) yang didapat dari penggunaan populasi (Kriyantono 2010:164). Rumus Yamane memiliki tingkat presisi sebesar 10% dan tingkat kepercayaan 90%. Maka dari itu jumlah sampel pada penelitian ini adalah 99,0740 orang, jika dibulatkan maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan pendengar dari Urban Radio terutama untuk program yang disiarkan oleh Kezia Kanza. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan pada bab sebelumnya, maka secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai bahwa kredibilitas penyiar Urban Radio yaitu Kezia Kanza sudah baik.Kata Kunci:   kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar
dc.description ABSTRACT Radio Announcer is an officer who works for and how to assemble events and disseminates information, solicitation, appeal, entertaining, shaping up, raising spirits, by relying on the ability to talk through radio directly or indirectly. Here I have the purpose of research that is to know about Initial Credibility, Devired Credibility and Terminal Credibility of Broadcasters in Interesting Interest in Radio Listener Urban 106.3 Fm Bandung.  In this study researchers used descriptive method with quantitative approach. In this study the population used is all followers official account Urban Radio Bandung According to the observation of the author on the account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) the number of followers account is as many as 10,700 people. To determine how many samples are needed, the authors use the Taro Yamane formula where this formula is used for large populations (over 500 populations) derived from population use (Kriyantono 2010: 164). The Yamane formula has a precision level of 10% and a confidence level of 90%. Therefore the number of samples in this study is 99.0740 people, if rounded then the number of samples in this study is 100 people who are listeners from Urban Radio especially for programs broadcast by Kezia Kanza. Based on the results of the research described in the previous chapter, then overall the results showed that the majority of respondents considered that the credibility of the announcer of the Urban Radio Kezia Kanza is good. Keyword: credibility, announcer Kezia Kanza, audience interest ABSTRAK Penyiar Radio adalah seorang petugas yang bekerja untuk dan dengan cara merangkai acara dan melakukan penyebaran informasi, ajakan, himbauan, menghibur, membentuk suasana, menimbulkan semangat, dengan mengandalkan kemampuan berbicara melalui radio secara langsung maupun tidak langsung.Di sini saya  memiliki tujuan dari penelitian yaitu agar mengetahui tentang Initial Credibility, Devired Credibility dan Terminal Credibility dari Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Radio di Urban 106,3 FM Bandung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah semua followers akun official Urban Radio Bandung Menurut hasil observasi penulis pada account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) jumlah followers account tersebut sebanyak 10.700 orang.Untuk menentukan berapa besar sampel yang diperlukan, penulis menggunakan rumus Taro Yamane di mana rumus ini digunakan untuk populasi dalam jumlah yang besar (lebih dari 500 orang populasi) yang didapat dari penggunaan populasi (Kriyantono 2010:164). Rumus Yamane memiliki tingkat presisi sebesar 10% dan tingkat kepercayaan 90%. Maka dari itu jumlah sampel pada penelitian ini adalah 99,0740 orang, jika dibulatkan maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan pendengar dari Urban Radio terutama untuk program yang disiarkan oleh Kezia Kanza. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan pada bab sebelumnya, maka secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai bahwa kredibilitas penyiar Urban Radio yaitu Kezia Kanza sudah baik. Kata Kunci:   kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9562/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 100-105
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 100-105
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar
dc.title Kredibilitas Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Program Radio
dc.title KREDIBILITAS PENYIAR DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR PROGRAM RADIO
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Deskriptif Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account