Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Pesan Kampanye Pilkada Jawa Barat 2018 di Sosial Media Instagram dengan Persepsi Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Adhani, Meilita Trisnawati
dc.creator Trigartanti, Wulan
dc.date 2018-09-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:08Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:08Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13744
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24319
dc.description Abstract. Instagram becomes one of social medias that was used by the Governor and Vice Governor candidates to do their political campaign activities in the 2018 local elections, one of the Governor and Vice Governor candidates that utilized Instagram as political campaign media is RidwanKamil and Uu Ruzhanul Ulum. The purpose of this study is to find out whether there is a relationship between the clarity of the content of the message, the completeness of the contents of the message, the reliability of the contents of the message with the perception of “Rindu” pair’s credibility. Communication theory that is used by the researcher is Componential Campaign Model.The method used in this research is correlational method. The research shows that there is a quite meaningful between the message campaign of the Governor and the Vice Governor candidate “RidwanKamil and UuRuzhanulUlum” on the social media Instagramand the perception of “Rindu” pair’s credibility.Keywords: Campaign, Social Media, Componential Campaign Model.Abstrak. Interaksi dan komunikasi praktis yang diusung media sosial menarik banyak para politisi untuk menaikan popularitas dan percitraan diri serta sebagai salah satu media alternatif untuk melakukan kampanye politik menjelang pilkada. Media sosial Instagram menjadi salah satu pilihan para cagub dan cawagub dalam melakukan aktivitas kampanye politik pada pilkada di tahun 2018 ini, salah satu kandidat Cagub dan Cawagub Pilkada Jawa Barat yang menggunakan Instagram sebagai media kampanye politik adalah Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan, keterpercayaan isi pesan dengan persepsi tentang kredibilitas pasangan “Rindu” . Teori komunikasi yang digunakan adalah Model Kampanye Komponensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional.Hasil akhir dari penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti pesan kampanye pasangan Cagub dan Cagub “Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum” di sosial media Instagram dengan persepsi tentang kredibilitas pasangan “Rindu”.Kata Kunci: Aktivitas kampanye, Persepsi, Metode Korelasional.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13744/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 952-955
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 952-955
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Aktivitas kampanye, Persepsi, Metode Korelasional.
dc.title Hubungan Pesan Kampanye Pilkada Jawa Barat 2018 di Sosial Media Instagram dengan Persepsi Mahasiswa
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account