Abstract. Human life today is inseparable from the development of mass media, everyday human being swamped by information from the mass media such as newspapers, television, radio, internet and so on. Rise and fall of the growth of the local media, the print media is seen that in the current era of the print media are dying. Where virtually all media average menstakeholder media into a group with the strategy of increasing market. Characteristics reader has a habit of reading more than one newspaper, because they do not want to miss important information and entertainment information at the same time. Communication Strategy will be undertaken on a changable newspaper Sindo is to strengthen in terms of visual, Sindo currently using infographics in the form of a 3D (three dimension) With the game visuals with distinctiveness and uniqueness SINDO have in terms of image, the idea of graphics, colors, writing, typography and so forth. A model strategy pewajahan newspapers and strategies of visual communication which in it penetrated the market strategy and can determine the outcome of the position of the media, because the local print media, it has a growth process is significant, but they still have the vision, mission and goals to be achieved. Abstrak. Kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari perkembangan media massa, setiap harinya manusia dibanjiri oleh berbagai informasi dari media massa seperti koran, televisi, radio, internet dsb. Naik turunnya pertumbuhan media lokal, dalam media cetak terlihat bahwa pada era saat ini media cetak sudah banyak yang mati. Dimana hampir semua media rata-rata menstakeholder media menjadi group dengan strategi pasar yang meningkat. Karakteristik pembaca memiliki kebiasaan membaca lebih dari satu surat kabar, karena tidak ingin tertinggal informasi penting dan informasi hiburan dalam waktu yang bersamaan. Strategi Komunikasi yang di lakukan pada Pewajahan surat kabar Sindo yaitu dengan menguatkan dari segi visual, Sindo saat ini menggunakan infografis yang berbentuk 3D (3 Dimensi) Dengan permainan visual dengan kekhasan dan keunikan yang sindo miliki dari segi gambar, ide grafis, warna, penulisan typografi dan lain sebagainya. Sebuah model strategi pewajahan surat kabar dan strategi komunikasi visual yang dimana di dalamnya merambah dalam strategi pasar dan dapat menentukan hasil posisi media, Karena media cetak lokal itu memiliki proses tumbuh kembang yang signifikan, namun mereka masih memiliki visi misi dan tujuan yang akan di capai.
Kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari perkembangan media massa, setiap harinya manusia dibanjiri oleh berbagai informasi dari media massa seperti koran, televisi, radio, internet dsb. Naik turunnya pertumbuhan media lokal, dalam media cetak terlihat bahwa pada era saat ini media cetak sudah banyak yang mati. Dimana hampir semua media rata-rata menstakeholder media menjadi group dengan strategi pasar yang meningkat. Karakteristik pembaca memiliki kebiasaan membaca lebih dari satu surat kabar, karena tidak ingin tertinggal informasi penting dan informasi hiburan dalam waktu yang bersamaan. Strategi Komunikasi yang di lakukan pada Pewajahan surat kabar Sindo yaitu dengan menguatkan dari segi visual, Sindo saat ini menggunakan infografis yang berbentuk 3D (3 Dimensi) Dengan permainan visual dengan kekhasan dan keunikan yang sindo miliki dari segi gambar, ide grafis, warna, penulisan typografi dan lain sebagainya. Sebuah model strategi pewajahan surat kabar dan strategi komunikasi visual yang dimana di dalamnya merambah dalam strategi pasar dan dapat menentukan hasil posisi media, Karena media cetak lokal itu memiliki proses tumbuh kembang yang signifikan, namun mereka masih memiliki visi misi dan tujuan yang akan di capai.