Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Event Marketing dengan Loyalitas Konsumen Kereta Api

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Aisyah, Aisyah
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:09Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13362
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24325
dc.description Abstract. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship between event marketing with railway consumer loyalty. The method used is correlational method. The population in this study is passengers Argo Parahyangan Bandung - Jakarta via counter. Sampling technique used is the category possible sampling with systematic technique. The relationship of event marketing with railway consumer loyalty, has a very strong relationship. The better the marketing event will be followed by the increasing loyalty of the train consumer. There is a strong relationship between entertainment event entertainment with consumer loyalty, it is necessary to maintain because rail consumers can enjoy, feel entertained, relieve saturation and fill their spare time while waiting for the train, the second is there is a strong relationship between excitement and consumer loyalty, as consumers are interested in seeing the event and are eager to participate, with its imaginative, unique and trendy concepts, the last is that there is a strong relationship between brave entertainment (entertainment) and consumer loyalty, this need to be maintained because it is bold to be different from others and able to attract rail consumers with an interesting concept and consumers get interesting information from the event.Keywords: Event marketing, customer loyalty, correlational method, Railway Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang Argo Parahyangan Bandung – Jakarta via loket. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah kategori probably sampling dengan teknik sistematis. Hubungan event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api, memiliki hubungan yang sangat kuat. Semakin baik event marketing yang dilakukan maka akan diikuti dengan semakin meningkatnya loyalitas konsumen kereta api. Diketahui terdapat hubungan yang kuat antara hiburan (entertainment) event marketing dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena konsumen kereta api dapat menikmati, merasa terhibur, menghilangkan rasa jenuh dan mengisi waktu luang ketika menunggu kereta, yang kedua adalah terdapat hubungan yang kuat antara ketertarikan (excitement) dengan loyalitas konsumen, karena konsumen tertarik melihat event tersebut dan merasa bersemangat untuk ikut berpartisipasi, dengan konsepnya yang imajinatif, unik dan trendy, yang terakhir adalah terdapat hubungan yang kuat antara berani usaha (entertainment) dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena berani untuk berbeda dari yang lain dan mampu menarik konsumen kereta api dengan konsepnya yang menarik serta konsumen mendapatkan informasi menarik dari adanya event tersebut.Kata kunci: Event marketing, loyalitas konsumen, metode korelasional, Kereta Api
dc.description Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang Argo Parahyangan Bandung – Jakarta via loket. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah kategori probably sampling dengan teknik sistematis. Hubungan event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api, memiliki hubungan yang sangat kuat. Semakin baik event marketing yang dilakukan maka akan diikuti dengan semakin meningkatnya loyalitas konsumen kereta api. Diketahui terdapat hubungan yang kuat antara hiburan (entertainment) event marketing dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena konsumen kereta api dapat menikmati, merasa terhibur, menghilangkan rasa jenuh dan mengisi waktu luang ketika menunggu kereta, yang kedua adalah terdapat hubungan yang kuat antara ketertarikan (excitement) dengan loyalitas konsumen, karena konsumen tertarik melihat event tersebut dan merasa bersemangat untuk ikut berpartisipasi, dengan konsepnya yang imajinatif, unik dan trendy, yang terakhir adalah terdapat hubungan yang kuat antara berani usaha (entertainment) dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena berani untuk berbeda dari yang lain dan mampu menarik konsumen kereta api dengan konsepnya yang menarik serta konsumen mendapatkan informasi menarik dari adanya event tersebut.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13362/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/13362/2903
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 901-905
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 901-905
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Event marketing, loyalitas konsumen, metode korelasional, Kereta Api
dc.subject
dc.subject Event marketing, loyalitas konsumen, metode korelasional, Kereta Api
dc.title Hubungan antara Event Marketing dengan Loyalitas Konsumen Kereta Api
dc.title HUBUNGAN ANTARA EVENT MARKETING DENGAN LOYALITAS KONSUMEN KERETA API
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account