Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi dalam Marketing Mix terhadap Kepuasan Pelanggan di Arnes Shuttle Jatinangor

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Hukum
dc.creator Serunai, Serunai
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17017
dc.description Abstract. Travel agents do have a very important role and continue to grow in supporting the smooth running of society. Communities in our country are generally facilitated in terms of transportation, whether for the needs of work, vacations or others. Seeing the opportunities and the number of requests, a number of travel agencies have emerged that offer similar attractive products. Along with the increasing travel service business at this time, there is one travel service that is quite famous in Jatinangor, namely Arnes Shuttle. Arnes Shuttle is a company engaged in land transportation services. Arnes Shuttle has a purpose to help the mobility of students in Bandung and Jatinangor. With 5 routes and a frequency of many departure schedules. Shuttle Arnes service hours vary on routes served from 10am. 5am to 10pm 23.00 WIB. The routes currently covered are Bandung - Jatinangor, Bandung - Purwakarta Sadang, Bandung - Purwakarta Kota, Purwakarta Sadang - Jakarta. In this study the author summarizes "The Influence of Interpersonal Communication in Marketing Mix on Customer Satisfaction in Arnes Shuttle Jatinangor. The theory used to support variable (X) marketing mix is CRM (Customer Relationship Management) and variables (Y) Customer Satisfaction Quantitative Methods with the correlational approach used in this study to test whether there is a relationship between the two variables, the results show that (1) the product on Shuttle Shuttle has a significant relationship with customer satisfaction, (2) the price on the Arnes Shuttle has a low but definite relationship with customer satisfaction, (3) place in the marketing mix also has a significant relationship with customer satisfaction, and (4) promotion in the marketing mix also has a significant relationship with customer satisfaction.Keyword: Marketing Mix, customer satisfaction, Arnes Shuttle, CRMAbstrak. Agen perjalanan memang memiliki peranan yang sangat penting dan terus berkembang dalam menunjang lancarnya perjalanan masyarakat. Masyarakat di negara kita pada umumnya diberi kemudahan dalam hal transportasi, baik itu untuk kebutuhan pekerjaan, liburan atau lain sebagainya. Melihat adanya peluang dan banyaknya permintaan, maka banyak bermunculan beberapa biro travel yang menawarkan produk- produk yang menarik yang serupa. Seiring meningkatnya usaha jasa travel saat ini, terdapat salah satu jasa travel yang cukup terkenal di Jatinangor, yaitu Arnes Shuttle. Arnes Shuttle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa transportasi darat. Arnes Shuttle memiliki tujuan untuk membantu mobilitas mahasiswa-mahasiswi di Bandung dan Jatinangor. Dengan 5 rute dan frekuensi jadwal keberangkatan yang banyak. Jam layanan Arnes Shuttle bervariasi pada rute-rute yang dilayani dari pk. 05.00 hingga pk. 23.00 WIB. Rute yang dicakup saat ini adalah Bandung - Jatinangor, Bandung - Purwakarta Sadang, Bandung - Purwakarta Kota, Purwakarta Sadang - Jakarta. Dalam penelitian ini penulis merangkum mengenai "Pengaruh Komunikasi Antarpribadi dalam Marketing Mix terhadap Kepuasan pelanggan di Arnes Shuttle Jatinangor. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) marketing mix yaitu teori CRM (Customer Relationship Management) dan variabel (Y) Kepuasan Pelanggan. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Product pada Arnes Shuttle memiliki hubungan yang cukup berarti dengan kepuasan pelanggan, (2) price pada Arnes Shuttle memiliki hubungan yang rendah tetapi pasti dengan kepuasan pelanggan, (3) place pada marketing mix juga memiliki hubungan yang cukup berarti dengan kepuasan pelanggan, dan (4) promotion pada marketing mix juga memiliki hubungan yang cukup berarti dengan kepuasan pelanggan.Kata kunci: Marketing Mix, kepuasan pelanggan, Arnes Shuttle, CRM  
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17017/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 451-457
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 451-457
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Arnes Shuttle, CRM
dc.title Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi dalam Marketing Mix terhadap Kepuasan Pelanggan di Arnes Shuttle Jatinangor
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account