Universitas Islam Bandung Repository

Augmented Reality sebagai Media Promosi Click Square

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Mayasari, Desy
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:09Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13528
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24335
dc.description Abstract. The use of Augmented Reality is growing at this time, Augmented Reality is very to use and interisting to apply on things that need imagination imagery in 3D. These advantages that makes Augmented Reality as an attractive media campaign. It is utilized well by Click Square, by using Augmented Reality as a promotional medium to provide specific information and to attract peoples for come to Grand Opening Click Square.The purpose of this research is to know the implementation, benefits, dan barriers of Augmented Reality as apromotional media in Grand Opening Click Square. This goals has a purpose to give a more information about what factors are making Augmented Reality as an one of many Click Square promotional media. The method used in this research is quantitative method through a descriptive approach to describe the findings. Researchers collect data through interviews, literature review, and document review from various parties concerned with Augmented Reality as a promotional media.From the result of research, researchers get a result that aplication of Augmented Reality as a promotional media is interactive and interesting for peoples. Users can interact directly with a promotional media with playing some scanning game. The user scans on billboard, poster, and flayer about Click Square Grand Opening promo. While scanning, a short video will appear on they cell phone’s screen, they will get detailed information about the event and points. This Augmented Reality greatly enhance the effectiveness of promotion. Also, make print media campaign get more value. However, there are still some obstacle encountered in the use of this Augemnted Reality. The Obstacle is there is some doubt about this AR apliaction, demage to the application system, and internet network needs are still limited.Keywords: Promotion, New Media, Augmented Reality Abstrak. Penggunaan Augmented Reality semakin berkembang pada saat ini, Augmented Reality sangat mudah digunakan dan menarik untuk diterapkan pada hal-hal yang membutuhkan gambaran imajinasi dalam bentuk 3D. Kelebihan ini yang menjadikan Augmented Reality sebagai media promosi yang menarik. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Click Square, dengan menggunakan Augmented Reality sebagai media promosi untuk memberikan informasi yang spesifik dan juga untuk menarik massa pada salah satu acara besarnya yaitu Grand Opening Click Square.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan, manfaat dan hambatan dari Augmented Reality sebagai media promosi dalam acara Grand Opening Click Square. Tujuan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lebih tentang faktor-faktor apa saja menjadikan Augmented Reality sebagai salah satu media promosi Click Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif melalui pendekatan deskriptif untuk menjabarkan hasil temuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen dari berbagai pihak yang berkaitan dengan Augmented Reality sebagai media promosi.Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa penerapan Augmented Reality sebagai media promosi yang interaktif, juga untuk menarik massa, dimana dapat berinteraksi langsung dengan pengunjungnya yang termasuk aplikasi gamifikasi yang mengharuskan pengguna melakukan permainan scanning media promosi cetak berupa billboard, poster, ataupun flyer untuk mendapatkan informasi lebih berupa video yang memperlihatkan bintang tamu dan juga menghasilkan poin. Augmented Reality juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kegiatan promosi dengan adanya video konten dan informasi. Dengan adanya aplikasi ini menjadikan media cetak mendapatkan nilai lebih. Click Square menjumpai hambatan dalam penerapan Augmented Reality sebagai media promosi di antaranya adalah keraguan beberapa pihak akan aplikasi ini, sistem aplikasi mengalami kerusakan, dan kebutuhan jaringan internet untuk mendapatkan aplikasi ini.Kata Kunci: Promosi, Media Baru, Augmented Reality
dc.description The use of Augmented Reality is growing at this time, Augmented Reality is very to use and interisting to apply on things that need imagination imagery in 3D. These advantages that makes Augmented Reality as an attractive media campaign. It is utilized well by Click Square, by using Augmented Reality as a promotional medium to provide specific information and to attract peoples for come to Grand Opening Click Square. The purpose of this research is to know the implementation, benefits, dan barriers of Augmented Reality as apromotional media in Grand Opening Click Square. This goals has a purpose to give a more information about what factors are making Augmented Reality as an one of many Click Square promotional media. The method used in this research is quantitative method through a descriptive approach to describe the findings. Researchers collect data through interviews, literature review, and document review from various parties concerned with Augmented Reality as a promotional media. From the result of research, researchers get a result that aplication of Augmented Reality as a promotional media is interactive and interesting for peoples. Users can interact directly with a promotional media with playing some scanning game. The user scans on billboard, poster, and flayer about Click Square Grand Opening promo. While scanning, a short video will appear on they cell phone’s screen, they will get detailed information about the event and points. This Augmented Reality greatly enhance the effectiveness of promotion. Also, make print media campaign get more value. However, there are still some obstacle encountered in the use of this Augemnted Reality. The Obstacle is there is some doubt about this AR apliaction, demage to the application system, and internet network needs are still limited. Key Words: Promotion, New Media, Augmented Reality. Abstrak. Penggunaan Augmented Reality semakin berkembang pada saat ini, Augmented Reality sangat mudah digunakan dan menarik untuk diterapkan pada hal-hal yang membutuhkan gambaran imajinasi dalam bentuk 3D. Kelebihan ini yang menjadikan Augmented Reality sebagai media promosi yang menarik. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Click Square, dengan menggunakan Augmented Reality sebagai media promosi untuk memberikan informasi yang spesifik dan juga untuk menarik massa pada salah satu acara besarnya yaitu Grand Opening Click Square. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan, manfaat dan hambatan dari Augmented Reality sebagai media promosi dalam acara Grand Opening Click Square. Tujuan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lebih tentang faktor-faktor apa saja menjadikan Augmented Reality sebagai salah satu media promosi Click Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif melalui pendekatan deskriptif untuk menjabarkan hasil temuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen dari berbagai pihak yang berkaitan dengan Augmented Reality sebagai media promosi.Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa penerapan Augmented Reality sebagai media promosi yang interaktif, juga untuk menarik massa, dimana dapat berinteraksi langsung dengan pengunjungnya yang termasuk aplikasi gamifikasi yang mengharuskan pengguna melakukan permainan scanning media promosi cetak berupa billboard, poster, ataupun flyer untuk mendapatkan informasi lebih berupa video yang memperlihatkan bintang tamu dan juga menghasilkan poin. Augmented Reality juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kegiatan promosi dengan adanya video konten dan informasi. Dengan adanya aplikasi ini menjadikan media cetak mendapatkan nilai lebih. Click Square menjumpai hambatan dalam penerapan Augmented Reality sebagai media promosi di antaranya adalah keraguan beberapa pihak akan aplikasi ini, sistem aplikasi mengalami kerusakan, dan kebutuhan jaringan internet untuk mendapatkan aplikasi ini.Kata Kunci: Promosi, Media Baru, Augmented Reality
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13528/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/13528/2981
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 914-919
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 914-919
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Promosi, Media Baru, Augmented Reality
dc.subject
dc.subject
dc.title Augmented Reality sebagai Media Promosi Click Square
dc.title Augmented Reality Sebagai Media Promosi Click Square
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account