Universitas Islam Bandung Repository

Yura Yunita sebagai Brand Ambassador Produk Matoa

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi
dc.creator Rosyida, Della Isna
dc.creator Rochim, M
dc.date 2018-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:10Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:10Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9888
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24349
dc.description Abstract.  PT Matoa Indonesia Digdaya is a wood watch pioneer in Indonesia, with the concept of urban, simplicity, nature. In the creative marketing strategy Matoa try new things through the services of brand ambassador which this time comes from the celebrity singer Yura Yunita. In collaboration Matoa products collaborate in video clip Yura Yunita is "intuition". The purpose of this research is to know and confirm the reason Matoa using brand ambassador Yura Yunita and associated with elements of brand ambassador visibility, credibility, attraction, power. Visibility (popularity) includes him as a soloist and songwriter, also because of his good performance. Credibility that Yura is a master of piano instruments and as a jazz pop singer. Attraction (charm) of his strong character that is cheerful, lively, creative and also the background he came from the city of Bandung. Power (power) collaborated in the video clip "intuisi", also held games remake song "intuisi". The method used in this research is quantitative research method with descriptive study approach. Data obtained through interviews directly with Taufik M. Ridwan as marketing director, Yusuf Zulkibri as creative director. Both divisions are handling the selection of a brand ambassador. And one product consumer Matoa Anetsya Anastasia to confirm about brand ambassador used Matoa. In addition, the data obtained through literature study, observation, and internet searching. Based on the results of research conducted, it can be concluded that Matoa using Yura Yunita as a brand ambassador Matoa product that was originally collaboration collaboration with video clip "intuition". In this collaboration which resulted in the cooperation of two brands of watch products with video clip "intuition" that is co-branding. Matoa apply soft selling to the video clip, so as not to damage the art of music itself, as well as for consumers to be aware of the brand with the natural use of Yura in his video clip which will cause awareness for potential customers.Keywords: Brand Ambassador, Visibility, Credibility, Attraction, Power. Abstrak. PT Matoa Indonesia Digdaya merupakan pioneer jam tangan kayu di Indonesia, dengan mengusung konsep urban, simplicity, nature. Dalam strategi kreatif pemasarannya Matoa mencoba hal baru melalui jasa brand ambassador yang kali ini berasal dari kalangan selebriti yaitu penyanyi Yura Yunita. Dalam kerjasamanya produk Matoa berkolaborasi di dalam video clip Yura Yunita yaitu “intuisi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkonfirmasi alasan Matoa menggunakan brand ambassador Yura Yunita dan dikaitkan dengan unsur-unsur brand ambassador visibility, credibility, attraction, power.  Visibility (kepopuleran) meliputi ia sebagai penyanyi solo dan pencipta lagu, juga karena prestasinya yang baik. Credibility (Keahlian) bahwa Yura mahir alat musik piano dan sebagai penyanyi pop jazz. Attraction (daya tarik) karakternya yang kuat yaitu ceria, lincah, kreatif dan juga background ia berasal dari Kota Bandung. Power (kekuatan) berkolaborasi dalam video clip “intuisi”, juga mengadakan games remake lagu “intuisi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Data yang didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan Taufik M. Ridwan selaku marketing director, Yusuf Zulkibri selaku creative director. Kedua divisi tersebut yang menangani dalam pemilihan seorang brand ambassador. Serta salah satu konsumen produk Matoa Anetsya Anastasya guna mengkonfirmasi mengenai brand ambassador yang digunakan matoa. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan internet searching. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Matoa menggunakan Yura Yunita sebagai brand ambassador produk Matoa yang pada awalnya kerjasama kolaborasi dengan video clip “intuisi”. Dalam kolaborasi ini yang mana menghasilkan kerjasama dua merek yaitu produk jam tangan dengan video clip “intuisi” yaitu co-branding. Matoa menerapkan soft selling pada video clip tersebut, tujuanya agar tidak merusak seni musik itu sendiri, juga agar konsumen sadar akan merek dengan natural yang digunakan Yura dalam video clip-nya yang nantinya menimbulkan awareness untuk calon konsumen.Kata Kunci: Brand Ambassador, Kepopuleran, Keahlian, Daya Tarik, Kekuatan.
dc.description Abstrak. PT Matoa Indonesia Digdaya merupakan pioneer jam tangan kayu di Indonesia, dengan mengusung konsep urban, simplicity, nature. Dalam strategi kreatif pemasarannya Matoa mencoba hal baru melalui jasa brand ambassador yang kali ini berasal dari kalangan selebriti yaitu penyanyi Yura Yunita. Dalam kerjasamanya produk Matoa berkolaborasi di dalam video clip Yura Yunita yaitu “intuisi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkonfirmasi alasan Matoa menggunakan brand ambassador Yura Yunita dan dikaitkan dengan unsur-unsur brand ambassador visibility, credibility, attraction, power.  Visibility (kepopuleran) meliputi ia sebagai penyanyi solo dan pencipta lagu, juga karena prestasinya yang baik. Credibility (Keahlian) bahwa Yura mahir alat musik piano dan sebagai penyanyi pop jazz. Attraction (daya tarik) karakternya yang kuat yaitu ceria, lincah, kreatif dan juga background ia berasal dari Kota Bandung. Power (kekuatan) berkolaborasi dalam video clip “intuisi”, juga mengadakan games remake lagu “intuisi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Data yang didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan Taufik M. Ridwan selaku marketing director, Yusuf Zulkibri selaku creative director. Kedua divisi tersebut yang menangani dalam pemilihan seorang brand ambassador. Serta salah satu konsumen produk Matoa Anetsya Anastasya guna mengkonfirmasi mengenai brand ambassador yang digunakan matoa. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan internet searching. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Matoa menggunakan Yura Yunita sebagai brand ambassador produk Matoa yang pada awalnya kerjasama kolaborasi dengan video clip “intuisi”. Dalam kolaborasi ini yang mana menghasilkan kerjasama dua merek yaitu produk jam tangan dengan video clip “intuisi” yaitu co-branding. Matoa menerapkan soft selling pada video clip tersebut, tujuanya agar tidak merusak seni musik itu sendiri, juga agar konsumen sadar akan merek dengan natural yang digunakan Yura dalam video clip-nya yang nantinya menimbulkan awareness untuk calon konsumen.Kata Kunci: Brand Ambassador, Visibility, Credibility, Attraction, Power.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9888/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 199-207
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 199-207
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand Ambassador, Kepopuleran, Keahlian, Daya Tarik, Kekuatan.
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand Ambassador, Visibility, Credibility, Attraction, Power.
dc.title Yura Yunita sebagai Brand Ambassador Produk Matoa
dc.title Yura Yunita Sebagai Brand Ambassador Produk Matoa
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account