Universitas Islam Bandung Repository

Komunikasi Terapeutik Bidan dengan Pasien

Show simple item record

dc.contributor fakultas ilmu komunikasi unisba
dc.creator sukmanda, allan
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2015-08-13
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:11Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:11Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/966
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24356
dc.description Komunikasi yang dilakukan bidan dengan pasien bukanlah komunikasi sosial biasa melainkan komunikasi yang bersifat terapi. Komunikasi terapeutik sebagai bentuk kemampuan perawat dalam membantu pasien beradaptasi terhadap stress karena komunikasi terapeutik merupakan hubungan interpersonal antara perawat dengan pasien dalam rangka memperbaiki pengalaman emosi pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang menjadi dasar gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu.Untuk mengetahui gaya komunikasi terapeutik yang dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu. Untuk mengetahui feedback terhadap gaya komunikasi terapeutik yang dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu. Metode dalam penelitian ini memakai kualitatif dengan pendekatan studi kasus Robert K. Yin. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sebagai data primer dan observasi serta studi kepustakaan sebagai data sekunder. Key informan penelitian yaitu Hadara SKM.,MM. Selvi Angraeni Am., Citra Tia Yudia Am., Riri Damayanti. Kesimpulan dari faktor yang menjadi dasar gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien untuk membangun motivasi kepada pasien dalam membantu pasien beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan patologis dan belajar berhubungan dengan bidan, sehingga hubungan interpersonal antara bidan dengan pasien berjalan dengan baik. Gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien untuk memberikan semangat kepada pasien agar sembuh. Feedback pasien kepada bidan yang menggunakan gaya komunikasi terapeutik baik karena pasien diperlakukan dengan baik oleh bidannya. Pasien diberi leluasa untuk melakukan konsultasi mengenai masalah kondisi kesehatannya dan pasien di berikan pengetahuan mengenai masalah kesehatannya.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/966/pdf
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 18-27
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 18-27
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi Terapeutik,Bidan dengan Pasien,Klinik ummi mandiri
dc.title Komunikasi Terapeutik Bidan dengan Pasien
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account