Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Tayangan Miss Lambe Hoaks Kemkominfo dengan Sikap Kritis Hoax Generasi Milenial

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Rahman, Santika Andriyani
dc.creator Rochim, M.
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16910
dc.description Abstract. Talking about hoaxes will not be separated from media literacy where educating the audience to be literate towards the media. But the culture of literacy also needs to be instilled and driven by a critical attitude in thinking, which is good and which is bad so that people do not even spread hoaxes. With the development of technology at this time, the Ministry of Communication and Information Technology utilizes these technological developments to provide digital media literacy to audiences through a show, namely Miss Lambe Hoaks which is published through social media and one of which is YouTube as a step in reducing the spread of hoax news in the community. This study looked at the relationship of impressions Miss Lambe Hoaks hoax Kemkominfo with a critical attitude among viewers of the millennial generation students. The method used in this research is quantitative with correlational approach. Using the techniques of data collection in the form of a questionnaire, interview, and literature study. The population in this study were students of Faculty of Communication Bandung Islamic University who had watched YouTube Miss Lambe Hoaks Kemkominfo episode 1. Sampling using simple random sampling technique which fall into the category of probability sampling. Results of the first study showed that variables communicator has a relationship with a critical attitude with a low level but surely. Results of the second study, the variable message is the dominant variable relationship with the critical attitude which showed a significant extent. The results of a third study, the variable media showed a low level of closeness but certainly with a critical attitude. The overall results of this study show a correlation relationship between impressions Miss Lambe Hoaks Kemkominfo the critical attitude of the millennial generation hoax to have high levels of a significant relationship.Keywords: Impressions, Miss Lambe Hoaks, Critical Attitude, HoaxAbstrak. Membicarakan mengenai hoax tidak akan lepas dari literasi media di mana mendidik khalayak agar melek terhadap media. Namun budaya literasi juga perlu ditanamkan dan didorong oleh sikap kritis dalam berfikir, mana yang baik dan mana yang buruk agar masyarakat tidak malah menyebarkan hoax. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk memberikan literasi media digital kepada khalayak melalui sebuah tayangan, yakni Miss Lambe Hoaks yang dipublikasikan melalui media sosial dan salah satunya YouTube sebagai langkah dalam  mengurangi penyebaran berita hoax di lingkungan masyarakat.  Penelitian ini melihat hubungan tayangan Miss Lambe Hoaks Kemkominfo dengan sikap kritis hoax generasi milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung yang pernah menonton tayangan YouTube Miss Lambe Hoaks Kemkominfo episode 1. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang termasuk ke dalam kategori probability sampling dan didapatkan sampel sebanyak 64 orang mahasiswa. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa variabel komunikator memiliki hubungan dengan sikap kritis dengan taraf yang rendah tapi pasti. Hasil penelitian kedua, yaitu variabel pesan adalah variabel yang dominan hubungannya dengan sikap kritis yang menunjukkan taraf cukup berarti. Hasil penelitian ketiga, yaitu variabel media menunjukkan tingkat keeratan yang rendah dengan sikap kritis. Hasil keseluruhan dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi hubungan antara tayangan Miss Lambe Hoaks Kemkominfo dengan sikap kritis hoax generasi milenial dengan memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti.Kata Kunci: Tayangan, Miss Lambe Hoaks, Sikap Kritis, Hoax
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16910/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 432-437
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 432-437
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Tayangan, Miss Lambe Hoaks, Sikap Kritis, Hoax
dc.title Hubungan Tayangan Miss Lambe Hoaks Kemkominfo dengan Sikap Kritis Hoax Generasi Milenial
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account