Description:
Total Quality Management (TQM) merupakan cara terbaik agar dapat bersaing dalam persaingan global dengan menghasilkan produk dan jasa berkualitas terbaik. TQM mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan karena dianggap mampu mendukung kinerja manajerialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM) pada CV. Dheraya, untuk mengetahui kinerja manajerial pada CV. Dheraya, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial pada CV. Dheraya. Penelitian ini dilakukan di CV Dheraya dengan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan jenis random sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management (TQM) pada CV Dheraya termasuk dalam kriteria baik. Kinerja manajerial pada CV Dheraya juga termasuk dalam kriteria baik. Penerapan Total Quality Management (TQM) berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada CV Dheraya.