This research research is conducted to know the development of CSR cost and firm value in banking company and to to know influence of CSR cost to company value without and using company size control variable. This research was conducted at banking companies listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) year 2013-2015. In this research, the method used is descriptive and verification method with data analysis technique using quantitative method. Source of data used is secondary data source. The data collection technique used is documentation study. The technique of determining the sample in this research is purposive sampling. Hypothesis testing used is simple linear regression analysis and multiple linear regression. The results show that CSR costs increase every year. Corporate value experienced a similar thing. Based on the research results, CSR costs significantly influence the value of the company. The size of the company as a control variable proved not to affect the value of the company. The researcher asked the company to improve the CSR done to add company value.
Penelitian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan biaya CSR dan nilai perusahaan pada perusahaan perbankan serta untuk untuk mengetahui pengaruh biaya CSR terhadap nilai perusahaan tanpa dan dengan menggunakan variabel kontrol ukuran perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya CSR mengalami kenaikan setiap tahunnya. Nilai perusahaanpun mengalami hal yang serupa. Berdasarkan hasil penelitian, biaya CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Adapun ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Peneliti menyarakan kepada perusahaan untuk memperbaiki CSR yang dilakukan untuk menambah nilai perusahaan.