Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis
dc.contributor
dc.creator Kusumasari, Ratna Dewi
dc.creator Fadilah, Sri
dc.creator Sukarmanto, Edi
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:50Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:50Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/13563
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24588
dc.description Abstract: This research was conducted with the aim to prove and analyze the effect of tax, foreign ownership, and company size on transfer pricing . The research method used is descriptive research method with quantitative approach.Data collection with documentation. To test the hypothesis proposed in this study using a sample of 20 Manufacturing Companies of the 2012-2016 Period which are listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The type of data used is secondary data in the form of financial statements of companies published on the Stock Exchange. Hypothesis testing is done by multiple regression method with SPSS 22 Software. The result of this research shows that tax variable has positive effect on transfer pricing, foreign ownership has positive effect on transfer pricingi, and firm size has negative effect on transfer pricing. For further research can use other companies in BEI, replace other variables such as LeverageGood Corporate Goverment or add other independent variables such as Bonus Plan or Tunneling Incentive . And can use other regulator models such as the Altman, Springate¸Grover, or Olshon methods.Keywords: Taxes, Foreign Ownership, Company Size, Transfer Pricing.Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisa pengaruh pajak, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing. Metode peneliitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 Perusahaan Manufaktur Periode 2012-2016 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder.Yang artinya peneliti mendapatkan data dari Bursa Efek Indonesia melalui homepagewww.idx.co.id.. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi berganda dengan Software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap transfer pricing, kepemilikan asing berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap transfer pricing, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap transfer pricing.Saran untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan perusahaan lainnya yang ada di BEI, mengganti variabel lainnya seperti Leverage¸Good Corporate Goverment atau menambahkan variabel independen lainnya seperti Bonus Plan atau Tunneling Incentive.Kata Kunci:Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing.
dc.description Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisa pengaruh pajak, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing. Metode peneliitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 Perusahaan Manufaktur Periode 2012-2016 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder.Yang artinya peneliti mendapatkan data dari Bursa Efek Indonesia melalui homepagewww.idx.co.id.. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi berganda dengan Software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap transfer pricing, kepemilikan asing berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap transfer pricing, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap transfer pricing.Saran untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan perusahaan lainnya yang ada di BEI, mengganti variabel lainnya seperti Leverage¸Good Corporate Goverment atau menambahkan variabel independen lainnya seperti Bonus Plan atau Tunneling Incentive.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/13563/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/downloadSuppFile/13563/3010
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/downloadSuppFile/13563/3012
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2018); 766-774
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2018); 766-774
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing
dc.subject
dc.subject Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing.
dc.title Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing
dc.title Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account