Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi (Survey pada Bank yang termasuk dalam kelompok LQ 45 di Kota Bandung)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi
dc.contributor
dc.creator Ashari, Muhammad Fauzy
dc.creator Nurhayati, Nunung
dc.creator Halimatusadiah, Elly
dc.date 2018-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:53Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:53Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/9606
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24641
dc.description Abstract. This research aimed to examine the effect of the Adoption of information technology and participative leadership style towards the effectiveness of accounting information system. This research is based on the fact that there are still many users of information systems who are not satisfied with the adoption of information technology that hasn’t been applied by companies properly. The research was done by using the descriptive and verification approaches by using structural equation modelling, using partial leasts square methods. Source data used is primary data and data was also collected through questionnaires to be tested for validity and reliability. The research was conducted in 6 Bank that listed in LQ45 located in Bandung. The result showed that the adoption of information technology, participative leadership style, and effectivity of accounting information system in Bank which located in Bandung has been good.The adoption technology information has significant effects on the improvement of accounting information system. Participative leadership style doesn’t have any effect in improving effectivity accounting information system.Keywords: Adoption Information Technology, Participative Leadership Style, Effectivity Accounting Information System.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adopsi teknologi informasi dan gaya kepemimpinan partisipatif terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih banyaknya pengguna sistem informasi yang tidak didukung dengan penerapan teknologi informasi sebagaimana-mestinya serta gaya kepemimpinan partisipatif yang kurang mendukung, sehingga efektivitas dan efisiensi  perusahaan terganggu dikarenakan penggunaan sistem informasi tersebut tidak optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan alat analisis structural equation modelling dengan pendekatan partial least square, menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang akan diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada 6 Bank yang Termasuk dalam Kelompok LQ 45 di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi informasi, gaya kepemimpinan partisipatif, dan efektivitas sistem informasi akuntansi pada bank di kota Bandung sudah baik. Adopsi teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan efektivitas sistem informasi akuntansi. Gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan efektivitas sistem informasi akuntansi.Kata Kunci: Adopsi Teknologi Informasi, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adopsi teknologi informasi dan gaya kepemimpinan partisipatif terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih banyaknya pengguna sistem informasi yang tidak didukung dengan penerapan teknologi informasi sebagaimana-mestinya serta gaya kepemimpinan partisipatif yang kurang mendukung, sehingga efektivitas dan efisiensi  perusahaan terganggu dikarenakan penggunaan sistem informasi tersebut tidak optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan alat analisis structural equation modelling dengan pendekatan partial least square, menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang akan diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada 6 Bank yang Termasuk dalam Kelompok LQ 45 di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi informasi, gaya kepemimpinan partisipatif, dan efektivitas sistem informasi akuntansi pada bank di kota Bandung sudah baik. Adopsi teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan efektivitas sistem informasi akuntansi. Gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan efektivitas sistem informasi akuntansi.Kata Kunci: Adopsi Teknologi Informasi, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/9606/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 1, Prosiding Akuntansi (Februari, 2018); 1-7
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 1, Prosiding Akuntansi (Februari, 2018); 1-7
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Adopsi Teknologi Informasi, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.
dc.subject
dc.subject Adopsi Teknologi Informasi, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi
dc.title Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi (Survey pada Bank yang termasuk dalam kelompok LQ 45 di Kota Bandung)
dc.title Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuesioner, analisis data structural equation modelling dengan pendekatan partial leasts square


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account