Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009–2013)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Setiadi, Fakhrizal Fazri
dc.creator Sukarmanto, Edi
dc.creator Nurhayati, Nurhayati
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:53Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:53Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1694
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24644
dc.description Dalam menentukan jual beli saham dari aktivitas  investasi di pasar modal, perubahan harga saham merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi karena harga saham merupakan cermin dari kondisi suatu perusahaan. Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) merupakan rasio profitabilitas yang dapat menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan SPSS 20.0 sebagai alat pengolah data. Objek penelitian ini adalah perusahaan  food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan. Teknik penentuan sampling adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan  food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menyajikan laporan keuangan selama periode tahun 2009-2013. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 47,802 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,  yang menunjukkan bahwa variabel Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh positif terhadap harga saham sementara Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi perusahaan untuk dapat mengoptimalkan kinerjanya sehingga menghasilkan laporan keuangan yang baik agar dapat meningkatkan harga saham yang berguna untuk menarik investor.  
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1694/pdf
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 1, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2015); 146-153
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 1, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2015); 146-153
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Harga Saham
dc.title PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009–2013)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account