Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH KETERLIBATAN PENGGUNA, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK SERTA PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA LIMA PERUSAHAAN JASA ASURANSI MILIK PEMERINTAH BUMN DI WILAYAH BANDUNG)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator rayandani, eliyasa rahmatu
dc.creator Halimatusadiah, Elly
dc.creator Nurhayati, Nunung
dc.date 2015-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:54Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:54Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1825
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24649
dc.description Penggunaan sistem informasi akuntansi pada perusahaan asuransi diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membantu tugas pekerjaan pengguna. Fenomena di lapangan mengenai kegagalan sistem antara lain diakibatkan kurangnya keterlibatan pengguna, dukungan  manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan, serta kinerja sistem informasi akuntansi yang ada pada perusahaan asuransi BUMN di Wilayah Bandung dan mengetahui pengaruh  seberapa besar keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan, terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Jenis dari penelitian merupakan penelitian desktiptif verifikatif dengan metode analisis yang digunakan adalah analisis desktiptif, R square, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji-t.Hasil analisis ditemukan bahwa kondisi keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan serta kinerja sistem informasi akuntansi pada perusahaan asuransi BUMN di Wilayah Bandung, sudah baik karena telah memenuhi kriteria, tetapi belum maksimal hal tesebut dikarenakan masih terdapat pengguna yang merasa bahwa sistem tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Perhatian dari manajemen terhadap penggunaan sistem informasi masih kurang. Pelatihan dan pendidikan yang diberikan tidak memberikan keahlian pada pengguna . Sistem informasi akuntansi yang ada memiliki tampilan yang membuat pengguna ragu-ragu untuk menggunakannya. Besarnya pengaruh keterlibatan pengguna=33%, dukungan manajemen puncak=56,8%, pelatihan dan pendidikan= 56.8%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1825/pdf
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 1, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2015); 392-398
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 1, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2015); 392-398
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Keterlibatan Pengguna, Dukungan Manajemen Puncak, Pelatihan dan Pendidikan, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.
dc.title PENGARUH KETERLIBATAN PENGGUNA, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK SERTA PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA LIMA PERUSAHAAN JASA ASURANSI MILIK PEMERINTAH BUMN DI WILAYAH BANDUNG)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account