Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Akuntabilitas, Transparansi Dan Pertanggungjawaban Pada Tingkat Pendapatan Zakat Dalam Mengelola Laporan Keuangan (Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung 2015)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi
dc.creator Husaeri, Riswan Al
dc.creator Sukarmanto, Edi
dc.creator Nurhayati, Nurhayati
dc.date 2018-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:58Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:58Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/10272
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24696
dc.description Abstract. This study aims to determine the application of accountability, transparency and accountability at the level of zakat income in managing financial statements at Institute Amil Zakat in Bandung city. As for Zakat and infak / Sedekah already known and implemented by Muslims for a long time. This research was conducted at 6 Institutions Amil Zakat in Bandung City: Dompet Dhuafa, Yayasan Baitul Maal BRI, Rumah Zakat (RZ), Inisiatif Zakat Indonesia, Rumah Yatim and Yatim Mandiri with research method descriptive method qualitative approach. Data source used is primary and secondary data source. The data collection techniques used are questionnaires. The results of research on Amil Zakat Institution in Bandung shows that the application of accountability at the level of zakat income is included in the criteria very well. The results of research on transparency indicate very good criteria, as well as with accountability at the level of zakat income shows very good criteria. Based on the research that has been done, it is suggested: (1) For the researcher who will conduct the next research process, it is better to develop the research that has been done nowadays, by adding another variable not found in this research which is believed can influence to zakat income level, Variable Information Quality. Keywords: Accountability, Responsibility, Transparency Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntabilitas, transparansi dan pertanggungjawaban pada tingkat pendapatan zakat dalam mengelola laporan keuangan di Lembaga Amil Zakat Kota Bandung (2015). Adapun Zakat dan infak/sedekah sudah dikenal dan dilaksanakan oleh umat muslim sejak lama. Penelitian ini dilakukan di 6 Lembaga Amil Zakat Kota Bandung diantaranya, Dompet Dhuafa, Yayasan Baitul Mal BRI, Rumah Zakat (RZ), Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Rumah Yatim dan Yatim Mandiri, dengan metode penelitian metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian pada Lembaga Amil Zakat di  Kota Bandung menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas pada tingkat pendapatan zakat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil penelitian pada transparansi menunjukkan kriteria sangat baik, begitupun dengan pertanggungjawaban pada tingkat pendapatan zakat menunjukan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan : (1) Bagi peneliti yang akan melakukan proses penelitian selanjutnya, sebaiknya mengembangkan penelitian yang telah dilakukan saat ini, yaitu dengan menambah variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini yang diyakini dapat berpengaruh terhadap tingkat pendapatan zakat, seperti Variabel Kualitas Informasi. Kata Kunci : Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Transparansi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/10272/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/downloadSuppFile/10272/2028
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 1, Prosiding Akuntansi (Februari, 2018); 294-300
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 1, Prosiding Akuntansi (Februari, 2018); 294-300
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Transparansi
dc.title Analisis Akuntabilitas, Transparansi Dan Pertanggungjawaban Pada Tingkat Pendapatan Zakat Dalam Mengelola Laporan Keuangan (Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung 2015)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account