Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Sistem E-Filing terhadap Ketepatan Pelaporan Pajak Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Terhadap Kpp Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Sahara, Tassya
dc.date 2016-08-15
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:59Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:59Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/5140
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24716
dc.description Abstract. This research is intended to figure out the Influence of E-Filing System on the Accuracy of Tax Reporting by Individual Taxpayer. The data of this research is obtained via questionnaire (primary) which is being spread out to individual taxpayers in KPP Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta and interviews (secondary). The result of this research is saying that E-Filing affects positively and significantly on the accuracy of tax reports. That could be proven with the value t count 3,235 is being bigger than t table 2,048 with significant value 0,003 smaller than 0,05. The regression coefficient amounts to 0,445 that is very positive and shows the better E-Filing can be, the more accurate the taxpayers could fill in the tax notification letter. Moreover, based on the correlation coefficient that amounts to 0,522 and determination coefficient that is 0,272, they show that E-Filing affects the accuracy on the tax reporting with 27,2%, and the other 72,8% is being affected by another variable outside this research.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Pelaporan Pajak Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) yang dibagikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang ada di KPP Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta dan wawancara (sekunder). Hasil penelitian ini menyatakan penerapan sistem E-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaporan pajak oleh wajib pajak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 3,235 yang lebih besar dari t table 2,048 dengan nilai signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien regresi sebesar 0,445 yang memiliki arah positif menunjukkan semakin baik penerapan sistem E-Filing maka kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT juga akan semakin membaik. Selain itu, bedasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,522 dan koefisien determinasi 0,272 menunjukkan penerapan sistem E-Filing berpengaruh terhadap kepatuhan pelaporan pajak dan mempengaruhi 27,2% terhadap kepatuhan pelaporan pajak, sisanya sebesar 72,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Pelaporan Pajak Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) yang dibagikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang ada di KPP Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta dan wawancara (sekunder). Hasil penelitian ini menyatakan penerapan sistem E-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaporan pajak oleh wajib pajak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 3,235 yang lebih besar dari t table 2,048 dengan nilai signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien regresi sebesar 0,445 yang memiliki arah positif menunjukkan semakin baik penerapan sistem E-Filing maka kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT juga akan semakin membaik. Selain itu, bedasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,522 dan koefisien determinasi 0,272 menunjukkan penerapan sistem E-Filing berpengaruh terhadap kepatuhan pelaporan pajak dan mempengaruhi 27,2% terhadap kepatuhan pelaporan pajak, sisanya sebesar 72,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/5140/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 2, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2016); 886-891
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 2, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2016); 886-891
dc.source 2460-6561
dc.subject Proceedings of Accounting
dc.subject E-Filing System, The Accuracy of Tax Reporting
dc.subject Akuntansi
dc.subject Sistem E-Filing, Ketepatan Pelaporan Pajak
dc.title Pengaruh Sistem E-Filing terhadap Ketepatan Pelaporan Pajak Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Terhadap Kpp Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta)
dc.title Pengaruh Sistem E-Filing terhadap Ketepatan Pelaporan Pajak Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Terhadap Kpp Pratama Kebayoran Baru Tiga Jakarta)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account