Abstract. This research was conducted with the aim to determine the effect of Income Smoothing on Market Reaction, determine of the Announcement of Earning Information on Market Reaction. In this study Income Smoothing measured using Eckel Index, Announcement of Earning Information measured using Unexpected Earning and market reaction was measured by using a Cummulative Abnormal Return. The method used in this research is descriptive method with test equipment used in this research is multiple linier regression and data analaysis techniques using quantitative methods. In this study,the population is a company Manufaturing Sectore Consumer Goods Industry listing on the Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia) by the sampling technique used purposive sampling. Based on these techniques, obtained a sample of 22 companies with the time period 2011-2015. Based on the results of the study, that was not a significant difference between the Income Smoothing on Market Reaction, and no a significant difference between the Announcement of Earning Information on Market Reaction. In this case Income Smoothing and Announcement of Earning Information no effect on the Market Reaction. For further research, it is advisable to add other variables that affect the market reaction, so it will produce a greater contribution. And suggested that further research subjects are not limited to companies listed on the Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia), but can use LQ45 companies and in other sectors.Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Perataan Laba terhadap Reaksi Pasar, pengaruh Pengaruh Pemgumuman Informasi Laba terhadap Reaksi Pasar. Dalam penelitian ini Perataan Laba diukur dengan menggunakan Indeks Eckel, Pengumuman Informasi Laba diukur dengan menggunakan Unexpected Earning, serta Reaksi Pasar diukur dengan menggunakan Cummulative Abnormal Return. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan dengan periode waktu 2011-2015. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Perataan Laba terhadap Reaksi Pasar, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengumuman Informasi Laba terhadap Reaksi Pasar. Dalam hal ini Perataan Laba dan Pengumuman Informasi Laba tidak tidak berpengaruh terhadap reaksi pasar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menambahkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap Reaksi pasar, sehingga akan menghasilkan kontribusi yang lebih besar. Dan disarankan agar subjek penelitian selanjutnya tidak terbatas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Buersa Efek Indonesia, namun dapat menggunakan perusahaan LQ45 ataupun di sektor lainnya.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Perataan Laba terhadap Reaksi Pasar, pengaruh Pengaruh Pemgumuman Informasi Laba terhadap Reaksi Pasar. Dalam penelitian ini Perataan Laba diukur dengan menggunakan Indeks Eckel, Pengumuman Informasi Laba diukur dengan menggunakan Unexpected Earning, serta Reaksi Pasar diukur dengan menggunakan Cummulative Abnormal Return.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan dengan periode waktu 2011-2015.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Perataan Laba terhadap Reaksi Pasar, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengumuman Informasi Laba terhadap Reaksi Pasar. Dalam hal ini Perataan Laba dan Pengumuman Informasi Laba tidak tidak berpengaruh terhadap reaksi pasar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menambahkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap Reaksi pasar, sehingga akan menghasilkan kontribusi yang lebih besar. Dan disarankan agar subjek penelitian selanjutnya tidak terbatas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Buersa Efek Indonesia, namun dapat menggunakan perusahaan LQ45 ataupun di sektor lainnya.