Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) terhadap Tingkat Profitabilitas (Studi pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2016)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis
dc.contributor
dc.creator Septini, Shafira Rachma
dc.creator Rosdiana, Yuni
dc.creator Fitriah, Epi
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:05:12Z
dc.date.available 2019-09-12T07:05:12Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/11869
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24886
dc.description ABSTRACT. Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of sustainable development with the company responsible for the social, economic, and environmental companies as a result of operational activities of the company. There are some companies that have difficulty in achieving good profitability. With the disclosure of CSR, the company's operations can run smoothly, other than as a company event in promoting the company. The purpose of this study are to examine CSR disclosure of the High Proile companies on BEI, to examine the profitability rate of the companies on BEI, and to analyze the effect between CSR disclosure and profitability rate of the High Profle companies on BEI which is measured using ROA. The research method that used was descriptive verification with quantitative approach. Analysis of data using simple linear regression analysis. Data collection techniques used are literature search techniques. A method of sampling using purposive sampling sample. The study found that CSR disclosure in High Profile companies in bei in 2014-2015 has an average increase, while in 2016 the average decreased. Similarly, the rate of profitability measured by ROA as a whole experiencing fluctuations. The results of this study, there are significant influence variables the disclosure of CSRcompany to profitabilityKeywords: CSR Disclosure, Profitability Rate, ROAABSTRAK. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk pembangunan keberlanjutan perusahaan dengan bertanggungjawab terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mencapai profitabilitas yang baik. Dengan pengungkapan CSR, operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar, selain itu sebagai ajang perusahaan dalam mempromosikan perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengungkapan csr, tingkat profitabilitas dan pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan High Profile terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelusuran literatur. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR pada perusahaan High Profile di BEI tahun 2014-2015 rata-rata mengalami peningkatan, sedangkan di tahun 2016 rata-rata mengalami penurunan. Begitu pula dengan tingkat profitabilitas yang diukur menggunakan ROA secara keseluruhan mengalami fluktuasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas.Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA
dc.description ABSTRACT. Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of sustainable development with the company responsible for the social, economic, and environmental companies as a result of operational activities of the company. There are some companies that have difficulty in achieving good profitability. With the disclosure of CSR, the company's operations can run smoothly, other than as a company event in promoting the company. The purpose of this study are to examine CSR disclosure of the High Proile companies on BEI, to examine the profitability rate of the companies on BEI, and to analyze the effect between CSR disclosure and profitability rate of the High Profle companies on BEI which is measured using ROA. The research method that used was descriptive verification with quantitative approach. Analysis of data using simple linear regression analysis. Data collection techniques used are literature search techniques. A method of sampling using purposive sampling sample. The study found that CSR disclosure in High Profile companies in bei in 2014-2015 has an average increase, while in 2016 the average decreased. Similarly, the rate of profitability measured by ROA as a whole experiencing fluctuations. The results of this study, there are significant influence variables the disclosure of CSRcompany to profitabilityKeywords: CSR Disclosure, Profitability Rate, ROAABSTRAK. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk pembangunan keberlanjutan perusahaan dengan bertanggungjawab terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mencapai profitabilitas yang baik. Dengan pengungkapan CSR, operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar, selain itu sebagai ajang perusahaan dalam mempromosikan perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengungkapan csr, tingkat profitabilitas dan pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan High Profile terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelusuran literatur. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR pada perusahaan High Profile di BEI tahun 2014-2015 rata-rata mengalami peningkatan, sedangkan di tahun 2016 rata-rata mengalami penurunan. Begitu pula dengan tingkat profitabilitas yang diukur menggunakan ROA secara keseluruhan mengalami fluktuasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas.Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/11869/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2018); 511-517
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 4, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2018); 511-517
dc.source 2460-6561
dc.subject Akuntansi
dc.subject Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA
dc.subject
dc.subject
dc.title Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) terhadap Tingkat Profitabilitas (Studi pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2016)
dc.title PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2016)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account