Abstract:
Kampanye politik di Indonesia telah berkembang, seiring dengan
bertambah majunya teknologi dan perubahan sistem pemilihan umum (pemilu).
Maka dari itu para pelaku politik berlomba-lomba untuk menarik simpati
masyarakat, salah satunya dengan cara membuat sebuah iklan politik yang
ditayangkan di statsiun televisi. Iklan merupakan salah satu cara untuk
mendapatkan dukungan dari masyarakat. Salah satu partai politik yang paling
sering menayangkan iklan politiknya yaitu partai Gerindra. Oleh karena itu
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara
tayangan iklan politik partai Gerindra dengan sikap Mahasiswa untuk memilih
Gerindra”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara intensitas iklan, daya tarik pesan, dan daya tari iklan dengan sikap
mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
korelasional. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu, strata prporsional
sehingga di dapat 100 sampel yang berasal dari setiap fakultas angkatan 2011
yang ada di Universitas Islam Bandung. Berdasarkan hasil uji statistik yang sudah
dilakukan, pengujian tersebut menunjukkna bahwa terdapat hubungan antara
intensitas, daya tarik pesan, dan daya tarik iklan terhadap sikap mahasiswa untuk
memilih Gerindra pada pemilu 2014.