dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Astriani, Mei |
|
dc.creator |
Amaliah, Ima |
|
dc.creator |
Rahmi, Dewi |
|
dc.date |
2017-08-11 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T07:50:15Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T07:50:15Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/8520 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/24983 |
|
dc.description |
Bandung City is known as the center of West Java government and education center that causes many people to immigrate to Bandung City. This promted an increase in the needs of society has encouraged the economic movement in the trade sector, including traded cloth Cigondewah area. However, in this development, The Cigondewah fabric trade center has several obstacles to the narrowness of roads causing congestion, the shifting trend of people who prefer clothing and parking items that make it difficult for visitors to Cigondewah. Therefore the need for development strategies that can increase the trade Cigondewah center fabric. The method used in this research is to use descriptive method with quantitative appoarch. In this study, the authors used SWOT Analysis for Cigondewah trading Center development strategy. The following is Analysis of the data attached before the result showed that Cigondewah Fabric Center has the ain strength in the form of Cigondewah cloth price is more affordable than elsewhere and the fabric quality is better. While the major disadvantages of online marketing are few and the role of poor means while the opportunity for developing the fabric center is the level of easy labor availability and the promotion of word of mouth increases the sales of the Cigondewah fabric and the main threat is the growing number of new fabrics and the difficult accessibility. Based on quantitive SWOT Analysis result obtained the ost optimal strategy is SO to develop fabric in Cigondewah. |
|
dc.description |
Kota Bandung dikenal sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat dan pusat pendidikan yang menyebabkan banyak masyarakat berimigrasi ke Kota Bandung. Hal ini mendorong adanya peningkatan kebutuhan berupa sandang, pangan, dan papan bagi masyarakat. Kebutuhan masyarakat yang meningkat telah mendorong pergerakan ekonomi di sektor perdagangan, termasuk perdagangan kain di kawasan Cigondewah. Namun, dalam perkembangannya sentra perdagangan kain Cigondewah memiliki beberapa kendala, yaitu sempitnya ruas jalan yang menyebabkan kemacetan, bergesernya trend masyarakat yang lebih memilih barang jadi berupa pakaian serta kurangnya lahan parkir yang menyulitkan pengunjung untuk berbelanja di kawasan Cigondewah. Maka dari itu diperlukannya strategi pengembangan yang mampu meningkatkan usaha di sentra perdagangan kain Cigondewah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Analisis SWOT untuk mengidentifikasi strategi pengembangan sentra perdagangan kain Cigondewah di Kecamatan Bandung Kulon. Berikutnya adalah membuat Analisis SWOT atas sejumlah data yang telah di lampirkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentra perdagangan kain Cigondewah memiliki kekuatan utama berupa Harga kain di Cigondewah lebih terjangkau dibandingkan tempat lain dan kualitas kain bagus. Sedangkan kelemahan utama pemasaran secara online sedikit dan sarana prasarana yang kurang baik. Sementra itu peluang pengembangan sentra perdagangan kain adalah tingkat ketersediaan tenaga kerja mudah dan adanya promosi dari mulut ke mulut meningkatkan penjualan kain di Cigondewah dan ancaman utamanya adalah semakin banyak sentra kain baru dan aksesibilitas yang sulit. Berdasarkan hasil Analisis SWOT kuantitatif, maka diperoleh strategi yang paling optimal adalah SO (Strenght-Oppurtunity) untuk mengembangkan sentra perdagangan kain di Cigondewah. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/8520/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Ilmu Ekonomi |
|
dc.source |
Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 3, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2017); 183-190 |
|
dc.source |
Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 3, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2017); 183-190 |
|
dc.source |
2460-6553 |
|
dc.subject |
Ilmu Ekonomi |
|
dc.subject |
Development Strategy , Trading Center, SWOT Analysis |
|
dc.subject |
Ilmu Ekonomi |
|
dc.subject |
Strategi Pengembangan, Sentra Perdagangan, Analisis SWOT |
|
dc.title |
Strategi Pengebangan Sentra Perdagangan Kain Cigondewah di Kecamatan Bandung Kulon |
|
dc.title |
Strategi Pengebangan Sentra Perdagangan Kain Cigondewah di Kecamatan Bandung Kulon |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
kuantitatif |
|
dc.type |
kuantitatif |
|