Description:
Pasar bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman. Seiring dengan perkembangan zaman, pasar mengalami perubahan bentuk tempat dan cara pengelolaannya, dari yang bersifat tradisional menjadi modern. Diantara berbagai jenis pasar modern yang ada, minimarket merupakan pasar modern yang mengalami perkembangan tertinggi. Di kota-kota besar seperti Kota Bandung, masyarakat dihadapkan pada berbagai macam pilihan tempat berbelanja. Terdapat beberapa faktor yang menentukan pilihan konsumen dalam berbelanja produk pangan di pasar tradisional maupun di minimarket.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan masyarakat Kota Bandung dalam memilih tempat belanja produk pangan di pasar tradisional dan minimarket, serta untuk mengindentifikasi dan menganalisis faktor dominan yang menentukan permintaan masyarakat Kota Bandung dalam memilih tempat belanja produk pangan di pasar tradisional dan minimarket.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung. Untuk menentukan besarnya sampel dalam penelitian ini maka menggunakan rumus slovin dengan sample sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan Masyarakat Kota Bandung dalam memilih tempat belanja produk pangan di pasar tradisional dan minimarket adalah harga, lokasi, pelayanan, keragaman produk, kualitas produk dan fasilitas informasi.Faktor dominan yang menentukan permintaan produk pangan di minimarket yaitu fasilitas informasi, sementara keragaman produk menjadi faktor dominan di pasar tradisional.