Description:
Preferensi merupakan bagian dari perilaku yang sangat mempengaruhi penetapan pilihan konsumen di samping hambatan yang ada. Preferensi konsumen lebih mangacu pada bagaimana perasaan seseorang atas sesuatu hal dan apa yang mereka lakukan, sehingga dapat dikatakan sebagai bentuk pernyataan dari rasa ketertarikan konsumen atas sesuatu yang mampu menghalangi seseorang mencapai apa yang mereka kehendaki.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui preferensi pedagang pasar Kiaracondong terhadap jasa pembiayaan BMT Syariah dan Rentenir. Dari sekian banyak pasar tradisional di Kota Bandung hanya Pasar Kiaracondong yang berdekatan dengan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yaitu BMT Syariah, lembaga ini menyediakan jasa pembiayaan Usaha Kecil mikro dengan berbasis islam yang tidak ada unsur riba/bunga. Dengan jumlah pembeli yang cukup banyak di Pasar Kiaracondong tersebut, maka akan ada banyak transaksi jual beli. Jumlah pengunjung ke Pasar Kiaracondong dalam setiap harinya tidak pernah sepi, berdasarkan informasi dari beberapa pedagang dalam sehari rata-rata bisa mencapai 500 orang. Cukup tingginya jumlah pengunjung yang datang ke pasar Kiaracondong tidak terlepas dari beberapa keunggulan yaitu area pasar yang cukup luas, lokasi pasar yang cukup strategis dan akses yang mudah untuk para pengunjung. Total pedagang yang berjualan di pasar Kiaracondong adalah 688 orang, terdapat 493 pedagang aktif, 195 pedagang tidak aktif, pedagang yang tidak aktif merupakan pedagang yang menutup toko atau los.Banyaknya pedagang yang berada di pasar kiaracondong, tidak menutup kemungkinan para pedagang tersebut memiliki kesulitan dalam melakukan wirausaha, di antaranya terkait dengan masalah permodalan. Untuk mengatasi permaslahan tersebut, di buatlah Lembaga Keuangan Mikro Syariah KSP Syariah BMT Barrah yang berada tidak jauh dari sekitar lokasi Pasar Kiaracondong.