Description:
Abstract. The purpose of this study was to find out whether there was an effect of Financial Literacy on Consumptive Behavior of students of the Bandung Islamic University Management Study Program class of 2015. This research was conducted on the campus of the Islamic University of Bandung. The research method used is the survey method and the sampling technique is random sampling. The type of research used is descriptive and verification with a quantitative approach. The population was taken from the 2015 class management study program students who had taken financial management courses such as financial management and financial accounting. The sample used in this study was 46 students. Data was collected by questionnaire. The data analysis technique used is simple linear regression analysis with the SPSS version 16 program. The results of this study indicate that the Financial Literacy variable partially has a significant effect on the Consumptive Behavior of students of the Management Study Program in Bandung Islamic University. This is evidenced by the magnitude of the influence of financial literacy on consumptive behavior by 38.9%. This value indicates that financial literacy variables can contribute to consumptive behavior variables.Keywords: financial literacy, students, consumptive behaviorAbstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung angkatan 2015. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan teknik pengambilan sampel adalah sampling sensus. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitiatif. Populasi diambil dari mahasiswa program studi manajemen angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah pengelolaan keuangan seperti manajemen keuangan dan akuntansi keuangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh Literasi keuangan terhadap Perilaku konsumtif sebesar 38,9%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dapat memberikan kontribusi terhadap variabel perilaku konsumtif. Kata kunci : literasi keuangan, mahasiswa, perilaku konsumtif