Description:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan relationship marketing yang dilaksanakan Barberhouse Indonesia Bandung dan tanggapan pelanggan mengenai pendekatan relationship marketing, dan untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan Barberhouse Indonesia Bandung, serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan pelaksanaan pendekatan relationship marketing dengan loyalitas pelanggan Barberhouse Indonesia Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dimana penelitian ini dilakukan di masa sekarang dan menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen. Populasi penelitian adalah pelanggan Barberhouse Indonesia, besar sample penelitian 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendekatan Relationship Marketing pada Barberhouse Indonesia Bandung cukup, nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Pendekatan Relationship Marketing) berada pada indikator Pemberian Voucher dan nilai rata-rata terendah pada indikator Pemberian Perhatian Pelanggan. Secara umum variabel Y (Loyalitas Pelanggan) terbilang buruk, nilai rata-rata tertinggi pada indikator Melakukan Pembelian berulang dan nilai rata-rata terendah pada indikator Kebal terhadap Daya Tarik Pesaing. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan sebesar 66,2 %