Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Pengendalian Persediaan Cotton Combed Soft dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity untuk Meminimumkan Biaya Persediaan (Pada Greenlight Clothing Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Luthfianto, Ilham
dc.creator Aspiranti, Tasya
dc.creator Sofiah, Poppie
dc.date 2016-08-22
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:26Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:26Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5200
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25488
dc.description Abstract. Problem that often faced by industrial companies is a matter of the production of one way of the emphasis production costs is by reducing supplies raw materials minimize. Effort decline to minimize the cost of supplies by means of using analysis EOQ. In this research the problems raised is how is the calculation trend supplies raw materials? How many times the frequency in one period of sourching of raw materials be done if the company set a method of EOQ? How the total cost of raw materials supplies if corporate will stipulate policies EOQ how the limit or point reserving raw materials required by the company during grace periods (reorder point)? Aim expected this study is to find the trend of supplies raw materials, knoe the frequency of sourching of raw materials and the number of the needs of the raw materials that optimal, know the total cost of supplies company, knowing point reserving back (reorder point) raw materials during grace periods. The kind of research used is a study, where the research was done intensively details and deep toward an object the treatment. Research method interviews and documentation. Variable the research is supplies and the use of raw materials. The analysis used is EOQ method. Abstrak. Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan industri adalah masalah produksi. Salah satu penekanan biaya produksi adalah dengan menekan persediaan bahan baku seminimal mungkin. Upaya meminimumkan biaya persediaan tersebut dengan cara menggunakan analisis EOQ. Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimanakah perhitungan trend persediaan bahan baku? Berapa kali frekuensi dalam satu periode pembelian bahan baku dilakukan bila perusahaan menetapkan metode EOQ? Berapa total biaya persediaan bahan baku bila perusahaan menetapkan kebijakan EOQ berapa batas atau titik pemesanan bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan selama masa tenggang (reorder point)? Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui trend persediaan bahan baku, mengetahui frekuensi pembelian bahan baku dan jumlah kebutuhan bahan baku yang optimal, mengetahui total biaya persediaan perusahaan, mengetahui titik pemesanan kembali (reorder point) bahan baku selama masa tenggang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dimana penelitian dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu objek yang diteliti. Metode penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah persediaan dan penggunaan bahan baku. Analisis yang digunakan adalah metode EOQ. 
dc.description Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan industri adalah masalah produksi. Salah satu penekanan biaya produksi adalah dengan menekan persediaan bahan baku seminimal mungkin. Upaya meminimumkan biaya persediaan tersebut dengan cara menggunakan analisis EOQ. Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimanakah perhitungan trend persediaan bahan baku? Berapa kali frekuensi dalam satu periode pembelian bahan baku dilakukan bila perusahaan menetapkan metode EOQ? Berapa total biaya persediaan bahan baku bila perusahaan menetapkan kebijakan EOQ berapa batas atau titik pemesanan bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan selama masa tenggang (reorder point)? Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui trend persediaan bahan baku, mengetahui frekuensi pembelian bahan baku dan jumlah kebutuhan bahan baku yang optimal, mengetahui total biaya persediaan perusahaan, mengetahui titik pemesanan kembali (reorder point) bahan baku selama masa tenggang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dimana penelitian dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu objek yang diteliti. Metode penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah persediaan dan penggunaan bahan baku. Analisis yang digunakan adalah metode EOQ. 
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2016); 367 - 375
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2016); 367 - 375
dc.source 2460-6545
dc.subject Proceedings of Management
dc.subject Economic Order Quantity (EOQ), SafetyStock, Reorder Point, Total Cost of Inventory, Cotton Combed Soft
dc.subject Manajemen
dc.subject Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan Pengaman, Titik Pemesanan Kembali dan Total Biaya Persediaan, Cotton Combed Soft
dc.title Analisis Pengendalian Persediaan Cotton Combed Soft dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity untuk Meminimumkan Biaya Persediaan (Pada Greenlight Clothing Bandung)
dc.title Analisis Pengendalian Persediaan Cotton Combed Soft dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity untuk Meminimumkan Biaya Persediaan (Pada Greenlight Clothing Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account