Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Antrian dengan Menggunakan Metode Single Channel Single Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu pada ATM BNI Kantor Wilayah Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Ningsih, Ariestia Juariati
dc.creator Aspiranti, Tasya
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:33Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:33Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11370
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25590
dc.description Abstract. This study aims to analyze the queue at the BNI Regional Office Bandung ATM. To find out how to minimize the waiting time applied by BNI Bank. Descriptive research type. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The research method used is a single channel single phase. Based on data from Bank Negara Indonesia Bandung Regional Office, it can be concluded that the total frequency of customers who come to transact for one week is 500 customers. To minimize waiting time at BNI ATMs and reduce long queues, researchers conducted comparisons using the single channel single phase method. Result of queuing system analysis at BNI Regional Office Bandung ATM. The level of use of BNI Bandung Regional Office ATMs is still very low, the utility level is only 22% which means that in one day the BNI Regional Office Bandung ATM is only used 5 hours 30 minutes on average. The remaining 18 hours 30 minutes BNI Regional Office Bandung ATM machine is not in use.Keywords: Single Channel Single Phase, Minimize queues, minimize waiting time Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antrian pada ATM BNI Kantor Wilayah Bandung. Untuk mengetahui cara meminimumkan waktu tunggu yang diterapkan oleh Bank BNI. Jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah single channel single phase.Berdasarkan data dari Bank Negara Indonesia Kantor Wilayah Bandung dapat disimpulkan bahwa total frekuensi nasabah yang datang untuk bertransaksi selama satu minggu adalah 500 nasabah. Untuk meminimumkan waktu tunggu pada ATM BNI dan mengurangi antrian yang panjang peneliti melakukan perbandingan menggunakan metode single channel single phase. Hasil Analisis system antrian pada ATM BNI Kantor Wilayah Bandung. Tingkat penggunaan ATM BNI Kantor Wilayah Bandung masih sangat rendah, tingkat utilitasnya hanya mencapai 22% yang berarti dalam satu hari ATM BNI Kantor Wilayah Bandung rata-rata hanya digunakan 5 jam 30 menit. Sisanya 18 jam 30 menit  mesin ATM BNI Kantor Wilayah Bandung dalam keadaan tidak digunakan.Kata kunci : Single Channel Single Phase, Meminimumkan antrian, Meminimumkan waktu tunggu
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11370/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/downloadSuppFile/11370/2348
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2018); 611-615
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2018); 611-615
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject Single Channel Single Phase, Meminimumkan antrian, Meminimumkan waktu tunggu
dc.title Analisis Antrian dengan Menggunakan Metode Single Channel Single Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu pada ATM BNI Kantor Wilayah Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account