Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Sistem Antrian Pendaftaran Pasien Bpjs Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Phase Untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Veonita, Venny
dc.creator Aspiranti, Tasya
dc.creator Sopiah, Poppie
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:37Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7843
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25632
dc.description Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan jumlah loket pendaftaran pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan Deskriptip Kuantitatif, data yang diperoleh dari sampel pupulasi menggunakan teknik pengumpulan data riset lapangan, wawancara dan pengamatan dianalisa. Dengan sistem antrian mengunakan model Multi Channel-Multi Phase yaitu sistem antrian yang terdiri dari server yang tersusun secara seri atau terdiri dari beberapa phase. Penelitian dalam skripsi ini diawali dengan menentukan jumlah loket pendaftaran loket Pasien BPJS. Sistem antrian yang digunakan oleh Rumah Sakit Jiwa saat ini mengunakan sistem antrian  Single Phase. Kemudian dilakukan pengambilan data tiap loket pendaftaran berupa banyak kedatangan dan keberangkatan tiap 30 menit, dengan waktu penelitian 5 hari Senin sampai dengan Jumat. Penelitian ini menerapkan model Antrian Multi Channel-Multi Phase dengan model pelayanan ganda kinerja loket pendaftaran Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa, menunjukan situasi kesibukan antrian yang cukup sibuk terutama hari Senin dan Kamis. Tingkat kesibukan terlihat pada waktu menunggu pasien dalam sistem antrian (Ws) berkurang dari 6,25 menit menjadi 4,25 menit pada hari senin, sedangkan pada hari kamis yaitu 5 menit menjadi 4,25 menit. Oleh karena itu dengan didapatkan waktu menunggu pasien di bawah 4 menit, maka didapatkan jumlah loket yang optimal berdasarkan tingkat aspirasi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7843/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/downloadSuppFile/7843/1345
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 854-860
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 854-860
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject Model Antrian Multi Channel, Multi Phase, Model Pelayanan ganda dan Efisiensi
dc.title Analisis Sistem Antrian Pendaftaran Pasien Bpjs Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Phase Untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account