Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (Studi Kasus Pada Perbankan BUMN Persero yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Triwulan Tahun 2014-2015)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Rizkyanti, Nita Bonita
dc.creator Tandika, Dikdik
dc.creator Azib, Azib
dc.date 2017-01-24
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:38Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:38Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5655
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25644
dc.description Abstract. This study aimed to determine the effect of firm size, capital adequacy (CAR) and Operating Expense (BOPO) on Return On Assets (ROA). The independent variables in this study include firm size, capital adequacy using a measuring instrument CAR and Operating Expense using a measuring instrument BOPO. The dependent variable in this study is the Return on Assets (ROA).To achieve the objectives, the method used is descriptive method and verification method. Statistical test tool used in this research was the correlation analysis, regression and coefficient of determination. Data are obtained from secondary data in the form of financial statements of the banking sector BUMN Persero company listed on the Indonesia Stock Exchange Period 2014-2015 Year Quarter and visit the website: www.ojk.go.id. Based on the results of hypothesis testing are performed using the F-test statistic that firm size, capital adequacy (CAR) and Operating Expense (BOPO) on Return On Assets (ROA) significant positive effect. As for the t-test statistic indicates that firm size has a significant effect on ROA, while the capital adequacy ratio (CAR) has no significant effect on ROA and BOPO has no significant effect on ROA. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA). Variabel independen dalam penelitian ini antara lain Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal menggunakan alat ukur CAR dan Biaya Operasional menggunakan alat ukur BOPO. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Return On Assets (ROA). Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, regresi dan koefisien determinasi. Data yang digunakan bersumber dari data-data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor perbankan BUMN Persero yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Triwulan Tahun 2014-2015 dan mengunjungi situs web : www.ojk.go.id. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji F-statistik bahwa Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) berpengaruh positif signifikan. Sedangkan untuk uji t-statistik menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA, sedangkan Kecukupan Modal (CAR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA dan BOPO tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA). Variabel independen dalam penelitian ini antara lain Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal menggunakan alat ukur CAR dan Biaya Operasional menggunakan alat ukur BOPO. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Return On Assets (ROA). Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, regresi dan koefisien determinasi. Data yang digunakan bersumber dari data-data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor perbankan BUMN Persero yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Triwulan Tahun 2014-2015 dan mengunjungi situs web : www.ojk.go.id. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji F-statistik bahwa Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) berpengaruh positif signifikan. Sedangkan untuk uji t-statistik menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA, sedangkan Kecukupan Modal (CAR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA dan BOPO tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5655/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2017); 206-210
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2017); 206-210
dc.source 2460-6545
dc.subject MANAJEMEN KEUANGAN; EKONOMI
dc.subject firm size, capital adequacy, CAR, Operational Expense, BOPO and ROA
dc.subject MANAJEMEN KEUANGAN; EKONOMI
dc.subject Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal, CAR, Biaya Operasional, BOPO dan ROA
dc.title Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (Studi Kasus Pada Perbankan BUMN Persero yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Triwulan Tahun 2014-2015)
dc.title Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (Studi Kasus Pada Perbankan BUMN Persero yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Triwulan Tahun 2014-2015)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account