Description:
Abstarct. This study aims to analyze and find out whether the independent variable earnings management influences the dependent variable volume of stock trading in manufacturing companies in the automotive company sub-sector and its components listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the period 2011-2017. The population taken in this study is the automotive company in the period 2011-2017 with the sample in this study consisting of 7 companies.The method used is quantitative research methods. The sample collection technique used was purposive sampling, in which the sample population of the study was 13 automotive companies and components in the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the 2011-2017 period with consideration of certain criteria and samples obtained in this study as many as 7 automotive companies and their components from 2011-2017 passed the criteriaThe results of this study indicate the magnitude of the effect of earnings management (earnings management) on stock trading volume which is 9.2% and the remaining 90.8% is explained by other variables outside the research model studied. Keyword : Earning management, Trading Volume Activity Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah variable independen manajemen laba (earning management) berpengaruh terhadap variable dependen volume perdagangan saham diperusahaan manufaktur sub sektor perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun periode 2011-2017. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu perusahaan otomotif pada periode tahun 2011-2017 dengan sample dalam penelitian ini terdiri dari 7 perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sample yang digunakan menggunakan purposive sampling yang mana populasi yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah sample perusahaan otomotif dan komponennya sebanyak 13 perusahaan otomotif yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2017 dengan pertimbangan kriteria-kriteria tertentu dan diperoleh sample dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan otomotif dan komponenenya dari tahun 2011-2017 yang lolos dalam kriteria. Hasil penelitian ini menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan manajemen laba berpengaruh terhadap volume penjualan saham jika dilihat dari hasil uji determinasi square sebesar 0,9%. Sedangkan sisanya 99,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini. Kata Kunci : Earning Management, Volume Perdagangan Saham