Description:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi strategi inovasi terhadap kinerja keuangan perusahaan ( ROA dan PER ) baik secara parsial maupun secara simultan, dengan menggunakan data dari ke 10 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2009-2013. Dalam penelitian ini strategi inovasi terdiri dari dimensi – dimensi yaitu Orientasi Kepemimpinan Inovasi, Tingkat Investasi Inovasi, type inovasi dan Sumber Inovasi ( Inovasi Internal ). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda maka didapatkan persamaan regresi yaitu Y1 = 2,710 + 0,380 X1 + 0,454 X2 – 0,187 X3 – 0,252 X4 + e yang menunjukan bahwa dimensi strategi inovasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Retun On Asset dan secara simultan berpengaruh positif terhadap Retun On Asset kecuali Tingkat Investasi Inovasi, type inovasi dan Sumber Inovasi ( Inovasi Internal ). Dan didapatkan persamaan regesi untuk Y2 = 10,796 – 0,056 X1 - 0,202 X2 + 0,038 X3 – 0,210 X4 + e yang menunujukan bahwa dimensi strategi inovasi tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap Price Erning Reatio. Implikasi kebijakan manajerial yang dapat ditarik adalah bahwa pimpinan perusahaan harus bisa menetapkan dimensi strategi inovasi mana yang akan menjadi prioritas dalam menentukan kebijakan inovasinya.