Abstract. This study aims to determine; (1) the principal's leadership in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (2) motivation in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (3) physical environment in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (4) the performance of teachers in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (5) the influence of principal's leadership on teacher performance in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (6) the influence of motivation on teacher performance in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (7) the influence of physical work environment on teacher performance in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung, (8) the influence of teacher performance in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung. This research is a quantitative research using regression analysis. The population in this research is all teachers of SMK Wirakarya 68 teachers. The instrument used is a questionnaire with Likert scale that has 5 alternative answers. Instrument validity test using grain analysis and calculated using product moment formula, while reliability test using Croncbach's Alpha formula. Furthermore, the hypothesis test. The results showed as follows. (1) leadership of principal in SMK Wirakarya 1 Bandung Regency included in good category with average score equal to 273,3; (2) motivation in SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung with average score of 273.2; (3) physical environment in SMK Wirakarya 1 Bandung regency in good category with average score equal to 276,8; (4) teacher performance in SMK Wirakarya 1 Regency Bandung in good category with average score of 283,4; (5) principal leadership affects teacher performance by 95.8%; (6) Motivation affect teacher performance by 96%; (7) the physical work environment affected teacher performance by 89.6%; (8) There is significant influence simultaneously variable of headmaster leadership, motivation and physical work environment to performance. The magnitude of influence simultaneously leadership and communication variables on performance is 96%. Keywords: principal leadership, motivation, physical work environment, teacher performance.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kepemimpinan kepala sekolah di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (2) motivasi di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (3) lingkungan fisik di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (4) kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (5) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (6) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (7) pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung, (8) pengaruh kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung. This research is a quantitative research using regression analysis. The population in this research is all teachers of SMK Wirakarya 68 teachers. The instrument used is a questionnaire with Likert scale that has 5 alternative answers. Instrument validity test using grain analysis and calculated using product moment formula, while reliability test using Croncbach's Alpha formula. Furthermore, the hypothesis test. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 273,3; (2) motivasi di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dengan skor rata-rata sebesar 273,2; (3) lingkungan fisik di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 276,8; (4) kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 283,4; (5) kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru sebesar 95,8%; (6) Motivasi mempengaruhi kinerja guru sebesar 96%; (7) lingkungan kerja fisik mempengaruhi kinerja guru sebesar 89,6%; (8) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja. Besarnya pengaruh secara simultan variabel kepemimpinan dan komunikasi terhadap kinerja adalah sebesar 96%.Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, lingkungan kerja fisik, kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kepemimpinan kepala sekolah di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (2) motivasi di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (3) lingkungan fisik di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (4) kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (5) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (6) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung; (7) pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung, (8) pengaruh kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung.This research is a quantitative research using regression analysis. The population in this research is all teachers of SMK Wirakarya 68 teachers. The instrument used is a questionnaire with Likert scale that has 5 alternative answers. Instrument validity test using grain analysis and calculated using product moment formula, while reliability test using Croncbach's Alpha formula. Furthermore, the hypothesis test.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 273,3; (2) motivasi di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dengan skor rata-rata sebesar 273,2; (3) lingkungan fisik di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 276,8; (4) kinerja guru di di SMK Wirakarya 1 Kabupaten Bandung dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 283,4; (5) kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru sebesar 95,8%; (6) Motivasi mempengaruhi kinerja guru sebesar 96%; (7) lingkungan kerja fisik mempengaruhi kinerja guru sebesar 89,6%; (8) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja. Besarnya pengaruh secara simultan variabel kepemimpinan dan komunikasi terhadap kinerja adalah sebesar 96%.Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, lingkungan kerja fisik, kinerja guru