Description:
Asupan gizi yang seimbang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mahasiswa kedokteran sebagai salah satu agen perubahan seharusnya memiliki pengetahuan mengenai gizi seimbang yang baik agar mampu memberikan contoh pada masyarakat mengenai perilaku gizi seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pengetahuan dengan perilaku gizi seimbang mahasiswa tingkat 4 angkatan 2013 Fakultas Kedokteran UNISBA. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 4 angkatan 2013 Fakultas Kedokteran UNISBA berjumlah 70 orang dengan metode simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner tingkat pengetahuan dan perilaku gizi seimbang yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan gizi seimbang responden pada kategori baik; cukup; kurang sebanyak 19 orang (27,2%); 43 orang (61,3%); 8 orang (11,4%). Adapun perilaku gizi seimbang responden, kategori baik; cukup; kurang sebanyak 16 orang (22,9%); 40 orang (57,1%); 14 orang (20,0%). Hasil penelitian dengan menggunakan Chi Square Test dengan nilai uji p<0,001 menunjukan terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dengan perilaku gizi seimbang mahasiswa tingkat 4 angkatan 2013 Fakultas Kedokteran UNISBA. Adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku gizi seimbang disebabkan tingkat pengetahuan seseorang mengenai pentingnya kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan akan merubah perilaku gizi seimbang suatu individu.