Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Pertiwi Kota Bandung Tahun 2016

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Amalia, Aulia Nur
dc.creator Budiman, Budiman
dc.creator Andriane, Yuke
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-13T05:58:10Z
dc.date.available 2019-09-13T05:58:10Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4884
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25933
dc.description Abstract: Breakfast serves as the most important eating time. It provides energy to start daily activities after around eight to ten hours of the digestive rest time during sleeping. School-age children are a group of people with high needs of energy. Breakfast for children can improve the concentration of learning, problem-solving skills, memory, and facilitate the comprehension of lessons, so they will be able to have better learning performance. The objective of this study is to determine the relation between breakfast habit and learning achievement.The research method was descriptive analytical research with cross sectional approach by using questionnaires to assess the breakfast habit and the data retrieval in the form of students score report to determine the value of learning achievement. The respondents were 112 students of 4th and 5th grade of Pertiwi Elementary School of Bandung. The researcher used Chi Square technique as the statistical analysis.The result confirmed that there is a significant relation (p <0.05) between breakfast habit and learning achievement. The conclusion of this research is that there is a relation between breakfast habits and learning achievement. It shows that human breakfast habit has a big influence in learning achievement which will be gained, because breakfast provides the energy required in learning activities. Breakfast can improve concentration, memory, and problem-solving skills in learning process that will ultimately affect learning achievement.Abstrak: Sarapan merupakan waktu makan paling penting. Sarapan menyediakan energi untuk memulai aktifitas setelah sekitar delapan hingga sepuluh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur. Anak usia sekolah merupakan kelompok dengan kebutuhan energi yang tinggi. Sarapan pagi untuk anak sekolah dapat meningkatkan konsentrasi belajar, kemampuan memecahkan masalah, daya ingat,  dan memudahkan penyerapan pelajaran sehingga prestasi belajar lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional menggunakan kuesioner untuk mengukur kebiasaan sarapan dan pengambilan data berupa nilai raport siswa untuk mengetahui prestasi belajar. Responden penelitian yaitu siswa kelas 4 dan 5 SD Pertiwi Kota Bandung yang berjumlah 112 orang. Analisis statistik menggunakan metode Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Hal ini menunjukkan kebiasaan sarapan seseorang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar yang akan didapat, karena sarapan menyediakan energi yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan memecahkan masalah dalam proses belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar.
dc.description Sarapan merupakan waktu makan paling penting. Sarapan menyediakan energi untuk memulai aktifitas setelah sekitar delapan hingga sepuluh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur. Anak usia sekolah merupakan kelompok dengan kebutuhan energi yang tinggi. Sarapan pagi untuk anak sekolah dapat meningkatkan konsentrasi belajar, kemampuan memecahkan masalah, daya ingat,  dan memudahkan penyerapan pelajaran sehingga prestasi belajar lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional menggunakan kuesioner untuk mengukur kebiasaan sarapan dan pengambilan data berupa nilai raport siswa untuk mengetahui prestasi belajar. Responden penelitian yaitu siswa kelas 4 dan 5 SD Pertiwi Kota Bandung yang berjumlah 112 orang. Analisis statistik menggunakan metode Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Hal ini menunjukkan kebiasaan sarapan seseorang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar yang akan didapat, karena sarapan menyediakan energi yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan memecahkan masalah dalam proses belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4884/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Pendidikan Dokter
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 919-925
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 919-925
dc.source 2460-657X
dc.subject Proceedings of Medical study
dc.subject Learning Achievement, Breakfast, Elementary School, School Report
dc.subject Pendidikan Dokter
dc.subject Prestasi belajar, Sarapan, Sekolah Dasar, Nilai Rapor
dc.title Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Pertiwi Kota Bandung Tahun 2016
dc.title Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Pertiwi Kota Bandung Tahun 2016
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account