dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Madjid, Muhammad Danny Bahtiar |
|
dc.creator |
Sukarya, Wawang S |
|
dc.creator |
Trusda, Siti Annisa Devi |
|
dc.date |
2016-08-11 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-13T05:58:29Z |
|
dc.date.available |
2019-09-13T05:58:29Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4959 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/26161 |
|
dc.description |
Abstract: Children of elementary school become a very important asset of human resources but vulnerable to malnutrition. Inadequate nutrient intake in childhood can be hazardous to cognitive development and disrupt the learning achievement in school. School with intense physical activity program showed a positive impact on learning achievements including increased concentration, mathematic ability, reading, and writing. Objective of this study to determine the relationship between nutritional status and physical fitness with academic achievement of students. The study design was observational analytic with cross sectional design approach. The sample selection using random probability sampling technique. Determination of nutritional status do with anthropometric measurements based on body mass index, level of physical fitness assessment using Indonesia Physical Fitness tests, and learning achievement seen from the average value of student report cards. A large study sample was 86 students of SDN Dr.Cipto Bandung. The study was conducted in May-June 2016. The data processing was performed using chi-square test. The results showed the status of undernutrition and malnutrition in the amount of 13% and 6%. Less and very less physical fitness in amount of 51% and 23%. The lower learning achievement in amount of 11%. Chi-square test showed there was no correlation between nutritional status and learning achievement of student SDN Dr. Cipto Bandung (p = 0.67), nor is there a relationship between physical fitness and learning achievement of student SDN Dr. Cipto Bandung (p = 0.43).Abstrak: Anak-anak sekolah dasar merupakan aset negara yang sangat penting sebagai sumber daya manusia dan merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami gizi kurang. Asupan gizi yang tidak adekuat selama masa anak-anak dapat membahayakan perkembangan kognitif dan mengganggu prestasi belajar di sekolah. Sekolah yang memiliki program aktivitas fisik yang intens memperlihatkan dampak positif pada prestasi belajar meliputi peningkatan konsentrasi, juga kemampuan menghitung, membaca, dan menulis. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Desain penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan rancangan potong lintang. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Penentuan status gizi dilakukan dengan pengukuran antropometri berdasarkan indeks massa tubuh, penilaian tingkat kesegaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, dan prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata rapor siswa. Besar sampel penelitian adalah 86 siswa, dari SDN Dr.Cipto Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan status gizi kurang dan buruk sebesar 13% dan 6%. Kesegaran jasmani kurang dan kurang sekali sebesar 51% dan 23%. Prestasi belajar rendah adalah sebesar 11%. Uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,67), juga tidak terdapat hubungan antara kesegaran jasmani dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,43). |
|
dc.description |
Anak-anak sekolah dasar merupakan aset negara yang sangat penting sebagai sumber daya manusia dan merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami gizi kurang. Asupan gizi yang tidak adekuat selama masa anak-anak dapat membahayakan perkembangan kognitif dan mengganggu prestasi belajar di sekolah. Sekolah yang memiliki program aktivitas fisik yang intens memperlihatkan dampak positif pada prestasi belajar meliputi peningkatan konsentrasi, juga kemampuan menghitung, membaca, dan menulis. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Desain penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan rancangan potong lintang. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Penentuan status gizi dilakukan dengan pengukuran antropometri berdasarkan indeks massa tubuh, penilaian tingkat kesegaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, dan prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata rapor siswa. Besar sampel penelitian adalah 86 siswa, dari SDN Dr.Cipto Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan status gizi kurang dan buruk sebesar 13% dan 6%. Kesegaran jasmani kurang dan kurang sekali sebesar 51% dan 23%. Prestasi belajar rendah adalah sebesar 11%. Uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,67), juga tidak terdapat hubungan antara kesegaran jasmani dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,43). |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4959/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2016 Prosiding Pendidikan Dokter |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 992-999 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 992-999 |
|
dc.source |
2460-657X |
|
dc.subject |
Proceedings of Medical study |
|
dc.subject |
Learning Achievement, Nutritional Status, Physical Fitness |
|
dc.subject |
Pendidikan Dokter |
|
dc.subject |
Kesegaran jasmani, Prestasi belajar, Status gizi |
|
dc.title |
Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Dr. Cipto Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun 2016 |
|
dc.title |
Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Dr. Cipto Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun 2016 |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Quantitative |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|