Description:
Abstract. The purpose of this research is to determine the effect of public service accountability, taxpayer awareness, and tax knowledge on motor vehicle taxpayer compliance (survey at Kantor Bersama SAMSAT Cimareme Kabupaten Bandung Barat). The research method used is descriptive verification with a quantitative approach. Data source in this research is the primary data source, namely by distributing 100 questionnaires to taxpayer who are in Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bandung Barat. The sampling technique in this research is nonprobability purposive. Research data were analyzed using multiple regression analysis methods. Hypothesis testing results show that: (1) Public Service Accountability does not have significant effect on Motor Vehicle Taxpayer Compliance, (2) Taxpayer Awareness has a significant effect on motor vehicle taxpayer compliance, and (3) Tax Knowledge does not have significant effect on Motor Vehicle Taxpayer Compliance.Keywords: Motor Vehicle Taxpayer Compliance, Public Service Accountability, Taxpayer Awareness, Tax KnowledgeAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas pelayanan publik, kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (survey pada Kantor Bersama SAMSAT Cimareme Kabupaten Bandung Barat). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yakni dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada wajib pajak yang berada di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bandung Barat. Adapun teknik penentuan sampel yang digunakan ialah nonprobability purposive. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Akuntabilitas Pelayanan Publik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, (2) Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, dan (3) Pengetahuan Pajak tidak berengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.Kata Kunci: Akuntabilitas Pelayanan Publik, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan .Bermotor, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak.