Universitas Islam Bandung Repository

Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Indonesia dalam Belanja Fashion di Marketplace dan E-Commerce

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Akbar, Faiz Abdan
dc.creator Amaliah, Ima
dc.creator Julia, Aan
dc.date 2020-01-27
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/21096
dc.identifier 10.29313/.v0i0.21096
dc.description Abstract. Advances in technology go in accordance with the progress of science. Every innovation was created to provide positive benefits for human life. One technology that is very influential in human life is the internet. Indonesia is one of the biggest internet users in the world. The internet has facilitated economic actors to meet all their needs quickly and efficiently. With the advancement in technology now the economic actors of buying and selling no longer depend on offline stores but they compete in online stores. Some online buying and selling platforms currently competing are the marketplace and e-commerce. Both platforms have several advantages, such as price, promotion, product, trust, service quality and payment system. Some of these advantages can determine people's choice whether to choose to use the marketplace or e-commerce. In this study using a descriptive method with a quantitative approach. The data used are primary data obtained through surveys of respondents who are consumers of marketplace and e-commerce users in Indonesia using Googleform. The analysis was done quantitatively by calculating the scoring of the results of respondents' answers using a Likert scale. The results of the research analysis of the preferences of both online shopping platforms There are a number of factors that determine people's preferences in buying fashion products in the marketplace compared to e-commerce, namely Price, promotion, Product Religion, Trust, Service Quality, Payment system. People prefer to buy fashion products online rather than offline because of the attributes attached to the online service itself. The dominant factor that determines people's preferences in buying fashion products in the marketplace compared to e-commerce is the price factor and by the payment system while product diversity is the smallest factor determining people's preferences in buying fashion products online. The number of discount, cashback, and flashback programs supported by easy payment systems is an important part of determining people's preferences in using online transactions.Keywords: Marketplace, E-commerce, Preferences, LikertAbstrak. Kemajuan teknologi berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh di kehidupan manusia adalah internet. Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengguna internet di dunia. Internet telah memfasilitasi pelaku ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan cepat dan efisien. Dengan kemajuan teknologi kini pelaku ekonomi jual-beli tidak lagi bergantung kepada toko offline namun mereka bersaing dalam toko online. Beberapa platform jual beli online yang saat ini sedang bersaing adalah marketplace dan e-commerce. Kedua platfrom tersebut memiliki beberapa keunggulan masing-masing seperti keunggulan harga, promosi, produk, kepercayaan, kualitas pelayanan dan sistem pembayaran. Beberapa keunggulan tersebut dapat mengetahui pilihan masyarakat apakah memilih untuk menggunakan marketplace atau e-commerce. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapat melalui survey terhadap responden yang merupakan konsumen pengguna marketplace dan e-commerce di Indonesia menggunakan googleform. Analisis dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung skoring terhadap hasil jawaban responden menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian analisis preferensi kedua platfrom belanja online Ada sejumlah faktor yang menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion di marketplace dibandingkan e-commerce yaitu Harga,promosi,Keragamaan Produk, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Sistem pembayaran. Masyarakat prefer membeli produk fashion secara online dibandingkan offline karena atribut yang menempel dalam layanan online itu sendiri.  Faktor dominan yang menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion di marketplace dibandngkan dengan e-commerce yaitu faktor harga dan oleh system pembayaran sementara keragamaan produk merupakan faktor yang terkecil menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion secara online. Banyaknya program diskon,cashback,flashsale ditunjang dengan system pembayaran yang mudah menjadi bagian penting yang menentukan preferensi masyarakat dalam menggunakan transaksi online.Kata Kunci : Marketplace, E-commerce, Preferensi , Skala Likert
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/21096/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Ilmu Ekonomi
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 6, No 1, Prosiding Ilmu Ekonomi (Februari, 2020); 93-97
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 6, No 1, Prosiding Ilmu Ekonomi (Februari, 2020); 93-97
dc.source 2460-6553
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Ilmu Ekonomi
dc.subject Marketplace, E-commerce, Preferensi , Skala Likert
dc.title Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Indonesia dalam Belanja Fashion di Marketplace dan E-Commerce
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account