Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan ROA sebagai Variabel Moderasi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Winata, Afrizal Angga
dc.creator Azib, Azib
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20768
dc.identifier 10.29313/.v6i1.20768
dc.description Abstract. It is important for companies to always pay attention to the interests of investors (investors) so that they are still interested in investing in the company by maximizing the company's performance. The purpose of this study was to determine : 1) The influence of CSR on firm value, 2) The influence of CSR on firm value with ROA as a moderating variable. This research sample is the disclosure of social responsibility in the plastic and packaging sector manufacturing companies in 2015-2018 that meet the criteria as a research sample. The method of analysis in this research is multiple regression analysis. The result of this study show that CSR does not have a significant effect on firm value. ROA as a moderating variable can affect the relationship of CSR disclosure and firm value.Keywords : Corporate Social Responsibility, Firm Value, Return On AssetAbstrak. Perusahaan penting untuk selalu memperhatikan kepentingan para pemodal (investor) agar mereka tetap tertarik untuk menanamkan modalnya pada perusahaan yakni dengan jalan memaksimalkan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSRterhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan ROA perusahaan sebagai variabel moderating. Sampel penelitian ini adalah pengungkapan pertanggungjawaban social pada perusahaan manufaktur sektor plastik dan kemasan tahun 2015 hingga 2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 11 perusahaan pada tahun 2015 – 2018 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metodeanalisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresiberganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. ROA sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dan nilaiperusahaan.Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Return On Asset
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20768/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2020); 507-509
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2020); 507-509
dc.source 2460-6545
dc.source 10.29313/.v6i1
dc.subject Manajemen
dc.subject Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Return On Asset
dc.title Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan ROA sebagai Variabel Moderasi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account