Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH PERBEDAAN PELARUT EKSTRAKSI TERHADAP KADAR SENYAWA YANG BERPOTENSI MEMILIKI AKTIVITAS ANALGETIK DARI EKSTRAK DAUN DAN BUAH KARAMUNTING ( Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. )

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Putri, Ayu Linda
dc.creator Yuliawati, Kiki Mulkiya
dc.date 2015-02-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/512
dc.description Abstrak: Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian pengaruh perbedaan pelarut ekstraksi terhadap kadar senyawa yang berpotensi sebagai analgetik dari ekstrak daun dan buah karamunting ( Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. ). Ekstraksi senyawa dilakukan menggunakan metode maserasi dengan pelarut n-heksan, etil asetat dan metanol. Pengujian kadar dilakukan terhadap senyawa flavonoid dan tanin. Pengukuran kadar senyawa yang berpotensi analgetik pada sampel dilakukan dengan metode spektrofotometer UV-Sinar tampak. Dari hasil penapisan fitokimia pada daun dan buah karamunting diketahui positif mengandung senyawa tanin dan flavonoid yang merupakan senyawa yang akan diukur kadarnya sebagai senyawa yang berpotensi analgetik. Kadar senyawa flavonoid yang diperoleh menunjukkan bahwa senyawa flavonoid banyak terdapat baik pada ekstrak daun dan buah dalam pelarut semi polar. Hasil penetapan kadar flavonoid dalam ektrak daun adalah 0,059% (n-heksan), 0,463% (etil asetat) dan 0,114% ( metano)l, sedangkan dalam ekstrak buah 0,129% (n-heksan), 0,423% (etil asetat) dan 0,174% (metanol). Hasil penetapan kadar memperlihatkan bahwa tanin banyak terdapat dalam pelarut polar baik pada ekstrak daun maupun buah. Hasil penetapan kadar tanin dalam ektrak daun dalam ekstrak daun dalam pelarut n-heksan, etil asetat dan metanol berturut-turut adalah 0,038%; 0,061%; dan 0,089%. Sedangkan kadar tanin dalam ekstrak buah dalam ekstrak daun dalam pelarut n-heksan, etil asetat dan metanol berturut-turut adalah 0,048%; 0,058%; dan 0,076%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/512/pdf
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 1, No 1, Prosiding Farmasi (Februari, 2015); 150-156
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 1, No 1, Prosiding Farmasi (Februari, 2015); 150-156
dc.source 2460-6472
dc.subject FARMASI BAHAN ALAM
dc.subject Rhodomyrtus tomentosa, Flavonoid, Tanin, Kersetin, Asam Tanat
dc.title PENGARUH PERBEDAAN PELARUT EKSTRAKSI TERHADAP KADAR SENYAWA YANG BERPOTENSI MEMILIKI AKTIVITAS ANALGETIK DARI EKSTRAK DAUN DAN BUAH KARAMUNTING ( Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. )
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type EKSPERIMEN LABORATORIUM


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account