Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Product Placement dengan Keputusan Pembelian Produk

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Luthfiannur, Dinda Fakhira
dc.creator Listiani, Endri
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20093
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20093
dc.description Abstract. product placement is currently widely used by marketers to introduce their products to the public. With the product placement can help consumers get to know the products displayed. One of the media that can be used in product placement is through a web series. Web series is a short film that aired on the internet, divided into several video episodes and has similarities with television series but with shorter broadcast duration. The increasing number of web series enthusiasts as entertainment with the storyline packed as attractive as possible, making the web series can be used as a marketing medium by using product placement. Based on the problem above, the purpose of this study is to find out whether there is a relationship between the product placement of Nature Republic in the Love Distance 2 web series and the decision to purchase products on Instagram followers @lovedistance_official. The theory used in this research is the theory of response stimuli (S-R) which in this study there is a communication process that is, a stimulus in the form of product placement which then produces a response from the audience in the form of a purchasing decision. The research method used in this study is a quantitative method with a correlational approach. The data in this study were obtained from questionnaires distributed to Instagram @lovedistance_official followers with a sampling technique using simple random sampling technique. Based on the results of the analysis it was found that there was a significant positive relationship between Nature Republic's product placement on the Korea Love Distance Season 2 web series with a purchase decision with a correlation coefficient of 0.506.Keywords: Alternative Advertising, Product Placement, Purchasing Decisions, Response Stimulus Theory (S-R), Web SeriesAbstrak. product placement (penempatan produk) saat ini banyak digunakan oleh pemasar untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat. Dengan adanya product placement dapat membantu konsumen untuk mengenal produk yang ditampilkan. Salah satu media yang dapat digunakan dalam melakukan produk placement yaitu melalui web series. Web series merupakan film pendek yang ditayangkan di internet. terbagi dalam beberapa episode video dan memiliki kemiripan dengan serial televisi namun dengan durasi tayang yang lebih pendek. Semakin banyaknya peminat web series sebagai hiburan dengan alur ceritanya yang dikemas semenarik mungkin, membuat web series dapat digunakan sebagai media pemasaran dengan menggunakan product placement. Berdasarkan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara product placement Nature Republic dalam web series Love Distance 2 dengan krputusan pembelian produk pada followers instagram @lovedistance_official.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori stimuls respon (S-R) yang mana pada penelitian ini terdapat proses komunikasi yakni, stimulus berupa product placement yang kemudian menghasilkan respon dari audience berupa keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesiner yang disebarkan kepada followers instagram @lovedistance_official dengan teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasakan hasil analisa didapatkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara product placement Nature Republic pada web series Korea Love Distance Season 2 dengan keputusan pembelian dengan koefisien korelasi sebesar 0,506.Kata Kunci:  Iklan Alternatif, Keputusan Pembelian, Product Placement, Teori Stimulus Respon (S-R), Web Series 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20093/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 87-91
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 87-91
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Iklan Alternatif, Keputusan Pembelian, Product Placement, Teori Stimulus Respon (S-R), Web Series
dc.title Hubungan Product Placement dengan Keputusan Pembelian Produk
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account