Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Infografis Tirto.id terhadap Brand Identity Tirto.id di Kalangan Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor Tirto.id, PT. Tirta Adi Surya
dc.creator Iqbal, Muhammad
dc.creator Rachmawati, Indri
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20761
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20761
dc.description Guna memanfaatkan teknologi saat ini, dan ditambah dengan beragam keahlian yang dimiliki manusia, kini terdapat jenis informasi berbasis infografis. Infografis digunakan agar dapat mempermudah pembaca dalam memahami narasi sebuah berita maupun memahami proses sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan.Karena itu peran infografis sangat dibutuhkan di era digital untuk kegiatan marketing sebuah media online, mengingat identitas merek produk yang kuat akan membuat pelanggan menyukai suatu produk dengan merek yang bersangkutan dikemudian hari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh infografis Tirto.id terhadap Brand Identity. Penelitian ini dilakukan kepada HIMA-KOM FISIP UNPAS periode kepengurusan 2019-2020 dari populasi 240 orang ditentukan sampel sebanyak 36 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausal-asosiatif dengan metode survey kuesioner terstruktur, untuk mengetahui bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Analisi kuantitatif yang dilakukan meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan multivariat analysis of variance (uji manova).Hasil analisis data terdapat pengaruh signifikan variabel infografis terhadap 3 konsep Brand Identity yaitu merek sebagai produk dengan nilai sig. 0,000, artinya semakin lengkap dan mudah dijangkaunya produk infografis Tirto.id, maka semakin mudah diketahui konsumen/audiens yang otomatis akan berpengaruh pada identitas merek.Merek sebagai personifikasi dengan nilai sig. 0,000, artinya desain dan penggunaan bahasa pada infografisnya Tirto.id selalu mengikuti arus perkembangan zaman seperti menggunakan bahasa gaul atau bahkan bahasa daerah yang disampaikan secara humor dan ilustrasi-ilustrasi ‘kekinian’. Semakin banyak dimensi merek yang dikembangkan dalam infografis untuk mendukung pembangunan sebuah merek semakin cepat pula tujuan untuk menjelaskan maksud sebuah merek dan memberikan dasar yang kuat dalam membangun merek.Dan merek sebagai simbol dengan nilai sig. 0,000, artinya semakin banyak asosiasi yang muncul pada sebuah merek semakin besar kemungkinan pelanggan mengingat pesan yang ingin disampaikan dan ini berpengaruh pada brand identity Tirto.id. Asosiasi yang telah berhasil dilakukan Tirto.id ialah infografis jenaka dengan penyampaian pesan yang kritis. Asosiasi ini sudah menjadi simbol yang melekat pada Tirto.id berdasarkan penelitian yang dilakukan.Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh ialah merek sebagai organisasi dengan nilai sig. 0,214 yang mana > 0,05 sehingga variabel infografis tidak berpengaruh pada variabel merek sebagai organisasi.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20761/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/20761/4099
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/20761/4102
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/20761/4109
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/20761/4110
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/20761/4111
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 139-142
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 139-142
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Marketing Management, Marketing Communication
dc.subject Brand Identity, Infographics, Online Mass Media
dc.title Pengaruh Infografis Tirto.id terhadap Brand Identity Tirto.id di Kalangan Mahasiswa
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type The Causal-Associative Quantitative


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account