Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Sales Promotion pada Instagram @bandungkunafe dengan Kepuasan Pelanggan

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Ilham, Aria
dc.creator rochim, mochammad
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20251
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20251
dc.description Abstract.Marketing is a systematic corporate activity to develop and plan strategies, determine prices, conduct promotions to distribute products (goods and services) to the community to meet needs, satisfaction also achieve the company's market objectives. All business marketing activities are designed to win the competition and reach the broadest target market. Most Indonesians have made social media a part of their lifestyle. Advances in science and technology, especially the internet, have changed the way people communicate from what was originally one to many to many to many. One to many communication became many to many developing in the new media era. One of them is Instagram. Instagram now is not only a means to find existence and identity, Instagram is the right tool to conduct a promotion to increase sales. Bandung Kunafe uses Instagram to do promotions to make customers satisfied. The indicators of customer satisfaction itself are product quality, price, service quality, emotional and cost. Bandung Kunafe do sales promotion by way of consumer promotion, trade promotion and sales promotion. The purpose of this study are (1) to determine the relationship of consumer promotion #PromoSuperSemar program on Bandung Kunafe Instagram account with customer satisfaction. (2) to find out the relationship between the #PromoSuperSemar trade promotion program on the Bandung Kunafe Instagram account with customer satisfaction. (3) to find out the relationship between #PromoSuperSemar salesperson promotion program on Bandung Kunafe Instagram account with customer satisfaction. (4) to find out the relationship between sales promotion @ bandungkunafe and customer satisfaction. The method used in this study is a quantitative method with a correlational approach. Data collection techniques used in the form of questionnaires, literature study and observation. The data in this study were obtained through distributing questionnaires using Google Form. The population in this study is followers of @bandungkunafe Instagram account with a sample of 100 respondents. The sampling technique used is simple random sampling. The results of the study (1) show that there is a low but certain relationship between consumer promotions and customer satisfaction. Research results (2) show that there is a significant relationship between trade promotions with customer satisfaction. The results of the study (3) show that there is a significant relationship between salesperson promotion and customer satisfaction. And the results of research using inferential analysis show that overall (4) that sales promotion with customer satisfaction has a significant relationship. Keywords: Promotion, Sales Promotion, Bandung Kunafe, Customer SatisfactionPemasaran adalah suatu kegiatan perusahaan yang sistematis untuk menyusun dan merencanakan strategi, menentukan harga, melakukan promosi hingga mendistribusikan produk (barang dan jasa) kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan, kepuasan juga mencapai tujuan pasar perusahaan. Semua kegiatan pemasaran bisnis dirancang untuk memenangkan persaingan dan meraih target pasar seluas - luasnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjadikan media sosial sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya internet telah merubah cara orang dalam berkomunikasi dari yang awalnya one to manymenjadi many to many. Komunikasi one to manymenjadi many to manyberkembang pada era new media. Salah satunya yaitu Instagram. Instagramsekarang ini bukan hanya sebuah sarana untuk mencari eksistensi dan jati diri, Instagrammerupakan sarana yang tepat untuk melakukan sebuah promosi untuk meningkatkan penjualan. Bandung Kunafe memanfaatkan Instagram untuk melakukan promosi agar membuat pelanggannya puas. Adapun indikator kepuasan pelanggan itu sendiri yaitu kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, emosional dan biaya. Bandung Kunafe melakukan sales promotion dengan cara promosi konsumen, promosi dagang dan promosi wiraniaga.Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui hubungan promosi konsumen program #PromoSuperSemar pada akun Instagram Bandung Kunafe dengan kepuasan pelanggan. (2) untuk mengetahui hubungan promosi dagang program #PromoSuperSemar pada akun Instagram BandungKunafe dengan kepuasan pelanggan. (3) untuk mengetahui hubungan promosi wiraniaga program #PromoSuperSemar pada akun InstagramBandung Kunafe dengan kepuasan pelanggan. (4) untuk mengetahui hubungan antara sales promotion @bandungkunafe dengan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, studi kepustakaan dan observasi. Data pada penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah followersakun Instagram @bandungkunafedengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian (1) menunjukan bahwa terdapat hubungan rendah tapi pasti antara promosi konsumendengan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian (2) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara promosi dagang dengan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian (3) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara promosi wiraniaga dengan kepuasan pelanggan. Dan hasil penelitian dengan menggunakan analisis inferensial menunjukkan bahwa secara keseluruhan (4) bahwasales promotion dengan kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang cukup berarti.Kata Kunci: Promosi , Sales Promotion , Bandung Kunafe, Kepuasan Pelanggan 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20251/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 102-105
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 102-105
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Promosi , Sales Promotion , Bandung Kunafe, Kepuasan Pelanggan
dc.title Hubungan Sales Promotion pada Instagram @bandungkunafe dengan Kepuasan Pelanggan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account