Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Supriadi, Yuda Maulana
dc.creator Sofyan, Aning
dc.date 2020-01-22
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19475
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19475
dc.description Abstract. Bandung City is a city that always attracts local and international tourists with its tourist destinations. With the growth of tourism in the city of Bandung, hotel entrepreneurs are competing to innovate to compete with others. One of them is a hotel capsule concept hotel called "Bobobox Capsule Hotel". This hotel capsule provides a place to rest at affordable prices with a different experience than conventional hotels. With the support of modern technology, Bobobox Capsule Hotel provides a different experience. The purpose of this study is to determine the relationship between service quality consisting of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy with customer satisfaction as the dependent variable, this study uses the theory of Contrast Theory from Carl I. Hovland. The method used is a correlational method using data collection techniques in the form of questionnaires. The population in sampling used is probability sampling using simple random sampling. The conclusion of this study is that there is a significant relationship between Service Quality and Customer Satisfaction with Bobobox Capsule Hotel.Keywords: Tourism, Capsule Hotel, Service Quality, Customer SatisfactionAbstrak. Kota Bandung merupakan kota yang selau menarik minat wisatawan lokal maupun internasional dengan destinasi wisatanya. Dengan bertumbuhnya pariwisata di Kota Bandung membuat para pengusaha bidang hotel berlomba – lomba berinovasi untuk bisa bersaing dengan yang lainnya. Salah satunya yaitu hotel berkonsep kapsul hotel yang bernama “Bobobox Capsule Hotel”. Kapsul hotel ini memberikan tempat beristirahat dengan harga terjangkau dengan pengalaman menginap yang berbeda dengan hotel konvensional. Dengan dukungan teknologi modern menjadikan Bobobox Capsule Hotel memberikan pengalaman yang berbeda.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat, penelitian ini menggunakan teori Contrast Theory dari Carl I. Hovland. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Populasi dalam penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling . Dari penelitian ini ditemukan kesimpulan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan yang cukup berarti antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Bobobox Capsule Hotel.Kata Kunci: Pariwisata, Hotel Kapsul, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19475/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 40-43
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 40-43
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Tourism, Capsule Hotel, Service Quality, Customer Satisfaction
dc.title Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account