Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Fortuna FM Sukabumi

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Gunawan, Andre
dc.creator Rochim, M
dc.date 2020-01-27
dc.date.accessioned 2020-07-13T03:13:49Z
dc.date.available 2020-07-13T03:13:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/21156
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/27325
dc.description ABSTRAK Pada saat ini perkembangan media informasi berkembang semakin pesat, jenisnya pun semakin beragam, mulai dari televisi, radio, internet, dan juga media cetak. Fortuna FM adalah salah satu stasiun radio swasta yang ada di Kota Sukabumi, keberhasilan salah satu stasiun radio ataupun media informasi lain yaitu sangat ditentukan oleh keberhasilan program siaran atau acara yang dimiliki. Program acara Off air radio Fortuna FM yang bertemakan “Hiburan rakyat” ini telah berhasil mempertahankan pendengar dan pengiklan, Dari strategi pemasaran yang dibuat oleh radio Fortuna tersebut menjadi menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh radio Fortuna FM, serta untuk mengetahui Radio Fortuna FM Sukabumi menerapkan acara Hiburan Rakyat sebagai bagian dari komunikasi pemasaran. Dalam mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen diperlukan pemasaran yang baik untuk mencapai tujuan yang diingkan, “Kotler dan Keller (2012:498) yang menjelaskan bahwa Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual”. Dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada Radio Fortuna FM Sukabumi didapati hasil bahwa event bisa meningkatkan pendengar radio dan juga pengiklan.ABSTRACT Nowadays, the evolution of information media is growing rapidly, the type increasingly diverse, ranging from television, radio, Internet, and also print media. Fortuna FM is one of the private radio stations in the city of Sukabumi, the success of one of the radio stations or other media information is very determined by the success of broadcast programs or events owned. The OFF-Air radio Program of Fortuna FM, themed "People's Entertainment" has successfully retained listeners and advertisers, from the marketing strategy made by the Fortuna radio to be interesting to research. The Purpose of this research are to know the planning process, implementation, evaluation of marketing communication strategy that used by Fortuna FM Radio, and to know that Radio Fortuna FM Sukabumi apply the people entertainment event as part of marketing communication. In communicating a product or service to a consumer it is necessary that good marketing to achieve the goal, “Kotler and Keller (2012:498) had explain that marketing communication is a tool that used by companies in an effort to inform, persuade, and remind consumers either directly or indirectly about the products and brands they sell”. In conducting marketing communication strategy of the planning process, implementation, and evaluation of Radio Fortuna FM Sukabumi, we found the result that the event can improve Radio listeners as well as advertisers.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/21156/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 199-202
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 199-202
dc.source 2460-6537
dc.subject universitas islam bandung radio fortuna fm sukabumi
dc.subject Fortuna FM, Strategy, Marketing Communication, Event Hiburan Rakyat
dc.title Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Fortuna FM Sukabumi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif studi kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account