Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Determinan Intensi terhadap Intensi Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas Unggulan Sma X Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Rifa, Annisa Febriani Purnama Sapta
dc.creator susandari, susandari
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/19890
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19890
dc.description Abstract. Academic cheating is intentionally giving or receiving help dishonestly and violating ethics in academic situation by deceiving to get a good grade. In concrete, the behaviour could be cheating, copying assignments and  laboratory reports, or helping friends for cheating. It could also happen to  students who are considered to   have high cognitive capability in Superior Class. The purpose of this study is to determine influence  of intention determinant on academic cheating in Superior Class of a High School in Bandung. The instrument was a questionaire based on Theory of Planned Behavior from Ajzen. The samples were 115 of superior class  by cluster random sampling. Data analysed by    regression test. The results is the highest influence   is from   Perceived Behavior Control determinant 0,630,  then Attitude Toward Behavior 0,472 and Subjective Norms 0,258.Keywords: Intention, Theory of Planned Behavior, Cheating Academic.Abstrak. Kecurangan akademik adalah dengan sengaja memberikan ataupun menerima bantuan secara tidak jujur dan menyalahi etika dalam situasi akademik seperti mengecoh ataupun menipu pengajar dengan tujuan mendapatkan nilai yang baik. Tingkah laku secara konkrit adalah menyalin tugas teman, mengganti hasil laporan lab dan membantu teman dalam melakukan kecurangan akademik. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas unggulan yang dianggap mampu dan memiliki kelebihan secara kogntif, tetapi siswa masih tetap melakukan kecurangan akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh determinan intensi terhadap intensi kecurangan akademik pada siswa kelas unggulan SMA X Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur yang dibuat sendiri diturunkan dari Theory of Planned Behavior dari Ajzen. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 115, dengan teknik cluster random sampling. Uji statistik yang digunakan dengan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh  terbesar adalah determinan Perceived Behavior Control  0,630, kemudian  Attitude Toward Behavior 0,472 dan Subjective Norms 0,258.Kata kunci: Intensi, Theory of Planned Behavior, dan Kecurangan akademik
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/19890/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2020); 16-19
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2020); 16-19
dc.source 2460-6448
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Psikologi
dc.subject Intensi, Theory of Planned Behavior, dan Kecurangan akademik
dc.title Pengaruh Determinan Intensi terhadap Intensi Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas Unggulan Sma X Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account