Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) terhadap Perilaku Konsumen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Dwi Sari, Aneke Nurdian
dc.creator Malik, Zaini Abdul
dc.creator Hidayat, Yayat Rahmat
dc.date 2020-09-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/19202
dc.identifier 10.29313/syariah.v0i0.19202
dc.description Abstract. The means of payment such as money non-cash lifestyle electronic able to regulate becoming more efficient and more consumptive. A mmuslim consumes in order to meet his needs so as to obtain the highest benefit for his life. One of the principles of consumption in Islam namely the principle of simplicity forbids the existence of ishraf (waste). However, observations show that some students become more wasteful because they use electronic money. The formulation of the problem in thus research is how is the behavior of consumers according to Islam, how is the behavior of consumers of the 2015 sharia economic law majoring students and how is the effect of the use of electronic money on the consumer behavior of the 2015 sharia economic law majoring students. This study aims to determine consumer behavior according to Islam, consumer behavior of the 2015 sharia economic law majoring students after using electronic money and the influence of the use of electronic money on the consumer behavior of sharia economic law majoring students. This research is a quantitative study with a simple regression analysis method. The sample in this study amounted to 55 respondents. The sample used is probability sampling with simple random sampling technique. The results showed the use of electronic money influence consumer behavior with a significance value of 0,000<0,05 t value of 4,704 > t table of 2,006 and the results of the calculated F value of 22,127 > F table of 4,02 with a significance value of 0,000<0,05 then the electronic money variable has a significant effect on consumer behavior variables by 28,1% while the remaining 71,9% is influenced by other factors.Keywords : electronic money, consumer behaviorAbstrak. Alat pembayaran non tunai seperti uang elektronik (e-money) dapat mengatur pola hidup menjadi lebih efisien maupun lebih konsumtif. Seorang muslim berkonsumsi dalam rangka untuk memenuhi kebutuhannya sehingga memperoleh kemanfaatan yang setinggi-tingginya bagi kehidupannya. Salah satu prinsip konsumsi dalam Islam yakni prinsip kesederhanaan melarang adanya sikap ishraf (pemborosan). Namun hasil observasi menunjukkan beberapa mahasiswa menjadi lebih boros karena menggunakan e-money. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perilaku konsumen menurut Islam, bagaimana perilaku konsumen mahasiswa jurusan hukum ekonomi syari’ah angkatan 2015 dan bagaimana pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumen mahasiswa jurusan hukum ekonomi syari’ah angkatan 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen menurut Islam, perilaku konsumen mahasiswa jurusan hukum ekonomi syari’ah angkatan 2015 setelah menggunakan e-money dan pengaruh penggunaan uang elektronik (e-money) terhadap perilaku konsumen mahasiswa jurusan hukum ekonomi syari’ah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 responden. Sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan uang elektronik (e-money) berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 nilai t hitung sebesar 4,704 > t tabel sebesar 2,006 dan hasil nilai F hitung sebesar 22,127 > F tabel 4,02 dengan angka signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka variabel uang elektronik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku konsumen sebesar 28,1% sedangkan sisanya 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain.  Kata kunci : uang elektronik, perilaku konsumen
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/19202/pdf_1
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 6, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2020); 1-4
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 6, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2020); 1-4
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v0i0
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject uang elektronik, perilaku konsumen
dc.title Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) terhadap Perilaku Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account