Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Wilianti, Syah Nur
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20300
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20300
dc.description Abstract. This research is motivated by children aged 5-6 years at TAAM Rusydah who experience problems in counting. In fact the children have not been able to mention the 1-20 symbol, have not been able to use the number symbol to count and have not been able to match the number symbol with the number symbol. This study aims to improve the ability to say children aged 5-6 years through the Rainbow Bowling Ball Game.The research method used is a classroom action research method. This research was conducted in 2 cycles in each cycle of 3 meetings. Research subjects were children aged 5-6 years at TAAM RUSYDAH with a total of 16 children. Data collection techniques using guidelines for observation, documentation and performance of children. The data analysis technique used in this study was descriptive qualitative with percentages.The results of the study stated that after using the rainbow bowling ball game the ability to numerate children increased so rapidly starting from the ability to mention the symbol numbers 1-20 developed very well (BSB) with a percentage of 75% ie 12 children, the ability to use symbol numbers to count developed very well (BSB ) with a percentage of 75% ie 12 children, and the ability to match numbers with a symbol of a very well developed number (BSB) with a percentage of 75% ie 12 children.Keywords: Counting Ability, Games, Rainbow Bowling BallAbstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak usia 5-6 tahun di TAAM RUSYDAH yang mengalami masalah di dalam membilang. Nyatanya anak-anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-20, belum mampu  menggunakan lambang  bilangan  untuk  berhitung dan  belum  mampu  mencocokan lambang bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus di setiap siklusnya 3 pertemuan. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TAAM RUSYDAH dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, dokumentasi dan unjuk kerja anak. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase.Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bola bowling rainbow kemampuan membilang anak meningkat   begitu pesat mulai dari kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-20 berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak, kemampuan menggunakan lambang bilangan untuk berhitung berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak, dan kemampuan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak. Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Permainan, Bola Bowling Rainbow 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20300/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 55-59
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 55-59
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Kemampuan Membilang, Permainan, Bola Bowling Rainbow
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account