Universitas Islam Bandung Repository

Penanaman Karakter Tanggung Jawab melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bunga Bangsa Panyileukan Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Hamidah, Hani
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20478
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20478
dc.description Abstract. The background of this research is that there are still many children in group A in Bunga Bangsa Kindergarten who do not yet have the character of responsibility. The attitude of children who have not yet developed their character of responsibility is seen when when learning sticks, children do not want to share glue with their friends, there are also those who when they finish learning or playing, the child will leave the equipment so the teacher must clean it up. Besides responsibility for time, many are late coming to school and even late not following the line. When the time line arrives, most children choose to sit lazily rather than follow the line. There are also children who cannot take care of their own belongings because they think they can ask their parents for more items. The purpose of this study was to improve the character of children's responsibility through the traditional game of coconut shell stilts in group A children in TK Bunga Bangsa. The aspects of responsibility that were investigated included 1) protecting themselves from their environment; 2) respect the advantages of others; 3) want to share, help, and help friends. This study uses classroom action research, carried out in two cycles, each cycle consisting of three meetings. Subjects in this study were group A children aged 4-5 years at Bunga Bangsa Kindergarten as many as 11 children consisting of 2 boys and 9 girls. This research was conducted in November to December 2019. Data collection techniques using observation and documentation. Data analysis was performed descriptively quantitative. The results of this study showed an increase in the character of children's responsibility as much as 81.81% from the two cycles carried out. Character of children's responsibility through the game of coconut shell stilts in prasiklus obtained an average percentage of 9.09%, increased in cycle I to 42.42%, then increased again in cycle II to 81.81%, so as to achieve the desired success criteria .Keywords: Responsibility, Coconut Shell Stilts Game.Abstrak. Latar belakang penelitian ini karena anak kelompok A di TK Bunga Bangsa masih banyak yang belum memiliki karakter tanggung jawab. Sikap anak yang belum berkembang karakter tanggung jawabnya terlihat ketika saat pembelajaran menempel, anak tidak mau berbagi lem dengan temannya, ada juga yang ketika selesai belajar atau bermain, anak akan membiarkan peralatan mainnya sehingga guru yang harus membereskannya. Selain itu tanggung jawab terhadap waktu, banyak yang terlambat datang ke sekolah bahkan sampai terlambat tidak mengikuti baris. Ketika waktu baris tiba, kebanyakan anak  memilih untuk duduk bermalas-malasan dari pada mengikuti barisan. Ada juga anak yang tidak bisa menjaga barang miliknya sendiri karena beranggapan bisa minta barang lagi pada orang tuanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter tanggung jawab anak melalui permainan tradisional egrang batok kelapa pada anak kelompok A di TK Bunga Bangsa. Aspek tanggung jawab yang diteliti meliputi 1) menjaga diri dari lingkungannya; 2) menghargai keunggulan orang lain; 3) mau berbagi, menolong, dan membantu teman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus  yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun di TK Bunga Bangsa sebanyak 11 anak yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di bulan November sampai dengan bulan Desember 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab anak sebanyak 81,81% dari dua siklus yang dilaksanakan. Karakter tanggung jawab anak melalui permainanan egrang batok kelapa pada prasiklus memperoleh rata-rata presentase sebesar 9,09%, meningkat pada siklus I menjadi 42,42%, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,81%, sehingga mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan.Kata kunci:  Tanggung Jawab, Permainan Egrang Batok Kelapa.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20478/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 81-85
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 81-85
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Tanggung Jawab, Permainan Egrang Batok Kelapa.
dc.title Penanaman Karakter Tanggung Jawab melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bunga Bangsa Panyileukan Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account