Universitas Islam Bandung Repository

Penggunaan Media Kancing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Membilang Benda dari 1-10 di Kelompok Usia 4 – 5 Tahun PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Lesmanawati, Sri Rani
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20177
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20177
dc.description ABSTRACT. Use of Button Media to Improve Cognitive Ability in Counting Things and 1-10 in the 4-5 Years Age Group in PAUD Cahaya Ibu Bandung city Sri Rani Lesmanawati, NPM 10030216034. This research is motivated by problems found ini PAUD Cahaya Ibu A, namely the cognitive development that still spells out low, to improve the ability to numerate, the researched using button media in learning, which can be used one method that can be used as one method that can improve cognitive abilities in class action. Subject in the study is group A student in PAUD Cahaya Ibu aged 4-5 year totaling 12 students. The data collected is the result data observation,test and study documentation, The result of the study show that before being given an action there are no children in the category very well developed (BSB), 7 children or 58.33 % were from the category began to developed (MB), 3 children or 25 % wereat the category developed s expected (BSH), 2 children were in the category very well developed (BSB) or 16.66%. After being given an action using button media then the result in cycle I is 5 students or developing (41.66), 5 student who developed according to expectations (41.66%), 2 student who developed very wel (16.66 %) and at the end result or cycle II is that children who have begun to develop are not found again, 2 student who developed according to expectations (1.25%). 10 student who developed very well (7.6%). This increase can be intented for the ability to use button media can help teacher in learning. Stale advice PAUD teachers are so that they can use this method as one of the learning methods for improve cognitive ability to stay using media button.Keywords: early childhood, button media, counting ABSTRAK. Penggunaan Media Kancing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Membilang Benda dari 1-10 di Kelompok Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung. Sri Rani Lesmanawati NPM. 10030216034.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di PAUD Cahaya Ibu Kelompok A yaitu perkembangan  kognitif dalam membilang ang masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang benda dari 1-10, maka peneliti menggunakan media kancing dalam pembelajaran, yang dapat digunakan sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa dkelompok A di PAUD Cahaya Ibu yang berusia 4-5 Tahun berjumlah 12 siswa. Data yang terkumpul merupakan data hasil observasi, tes dan study dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan tindakan hanya ada 2 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 7 orang anak atau 58,33% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 3 orang anak atau 25% berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 orang anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) atau 16,66%. Setelah diberi tindakan menggunakan media kancing maka hasil siklus 1 ya5 orang siswa (41,66 %), 5 orang siswa yang Berkembang Sesuai harapan (41,66%), 2 orang yang Berkembang Sangat Baik (16,66%) dan pada hasil akhir atau siklus II yaitu anak yang mulai berkembang sudah tidak ditemukan, 2 orang siwa yang Berkembang Sesuai Harapan (1,25%), 10 orang siswa yang berkembang sangat baik (7,6%). Peningkatan tersebut dapat ditujukan untuk kemampuan penggunaan media kancing dalam membilang benda dari 1-10 dapat membantu guru dalam pembelajaran. Saran bagi guru PAUD adalah agar dapat mengguakan metode ini sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang benda dari 1-10 melalui media kancing.Kata kunci: Media Kancing, Kemampuan Kognitif, Membilang
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20177/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 35-40
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 35-40
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject : Media Kancing, Kemampuan Kognitif, Membilang
dc.title Penggunaan Media Kancing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Membilang Benda dari 1-10 di Kelompok Usia 4 – 5 Tahun PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account